TAPUT-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan diwakili Penjabat Sekda Parsaoran Hutagalung meresmikan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI Kabupaten Tapanui Utara Tahun 2019 yang dipusatkan di Desa Hutatoruan I, Kecamatan Tarutung Rabu (24/7/2019).

Dalam Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Pj. Sekda Taput Drs Parsaoran Hutagalung mengharapkan dengan adanya pencanangan ini akan menumbuhkan semangat gotong royong, semangat kekeluargaan dan kebersamaan dalam menciptakan keharmonisan kehidupan masyarakat yang lebih aman, damai dan sejahtera.

"Kiranya, BBGRM ini menjadi motivasi jiwa kebersamaan dalam masyarakat yang partisipatif. Mari bersatu dan menjaga hubungan silaturahmi demi pembangunan dan kemajuan Tapanuli Utara. Terkait dengan penguatan kelembagaan desa, saya minta agar para Camat dan OPD terkait harus memberikan perhatian penuh untuk mensukseskan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes harus diberdayakan sehingga mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi perdesaan demi terciptanya desa mandiri," ujar penjabat sekda mengakhiri sambutan bupati Taput.

Dalam acara tersebut, Pj Sekda taput melakukan pemukulan gong sebagai tanda resminya pencanangan BBGRM XVI dan dilanjutkan penyerahan bantuan secara simbolis berupa alat-alat gotong royong kepada Camat se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam laporan Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa Donny Simamora mengatakan bahwa pencanangan BBGRM XVI tahun 2019 dipusatkan di Desa Hutatoruan I Kecamatan Tarutung yang dihadiri para Camat, Kepala Desa, Tokoh masyarakat, lansia dan Karang Taruna. Selanjutnya akan dilakukan di tiap Kecamatan dan kemudian lokasi akan ditentukan oleh Pemerintah Kecamatan.

Sebelum acara pencanangan dimulai, Penjabat Sekda Taput Drs Parsaoran Hutagalung didampingi Asisten Pembangunan dan Perekonomian Osmar Silalahi, para Staf Ahli Bupati, Forkopimda dan Forkopimca (mewakili) serta beberapa pimpinan OPD meninjau lokasi BUMDes 'Dame Sumurung' yang merupakan unit usaha Cafe dan Resto yang terletak di tengah persawahan.*