MEDAN - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) melantik dan melakukan sumpah terhadap 23 dokter baru lulusannya, Rabu (24/7/2019) di Aula FK UISU Jalan STM, Medan. Dalam sambutannya, Rektor UISU, DR Yanhar Jamaluddin MAP mengungkapkan, sesuai dengan visinya UISU menjadi perguruan tinggi yang islami, andal, teruji, bermartabat, mulia dan dicintai masyarakat dan diridhoi Allah SWT, maka dokter-dokter baru yang dilantik ini harus mempunyai karakter yang berbeda dengan dokter-dokter yang dilahirkan dari perguruan tinggi yang lain.

Perbedaannya, imbuh Rektor, terletak pada mengedepankan visi misi keislaman seperti harus berkarakter, amar ma'ruf nahi munkar, dan bertaqwa kepada Allah SWT.

"Ketika dia bertaqwa, saya kira tugas mereka sebagai memberikan layanan medis kepada masyarakat, tentunya akan mempercepat kesembuhan pasien," ujarnya.

Di lain sisi, Plt Dekan FK UISU, dr Tri Makmur Sp S mengajak lulusan FK UISU untuk menjaga nama baik almamater di mana pun berada.

Maka dari itu, Dekan juga mengimbau lulusan FK UISU yang menemukan kendala ataupun persoalan di daerah internsip, diminta agar jangan sungkan untuk datang ke universitas.

"UISU adalah ibu bagi kalian. Tempat di mana kalian dilahirkan sebagai seorang dokter. Kami di sini siap untuk berdiskusi mengenai persoalan apa pun yang ingin kalian sampaikan," jelasnya.

Sementara itu, pada yudisium ini terdapat lima nama lulusan terbaik seperti Aprian Muliadin Harahap dengan nilai IPK tertinggi 3.94, Indah Mora Risti Pulungan dengan nilai OSCE 34.83, Dinda Tri Annisa dengan nilai IPK tertinggi 3.94, Winda Yaseva dengan nilai IPK tertinggi 3.94 dan Wahyu Al Imran dengan nilai CBT tertinggi 78.

Pada yudisium dan sumpah dokter ini dihadiri juga Wakil Dekan II, dr Indra Janis, MKT, Wakil Dekan III Dekan III, dr. Alamsyah, M.Kes, Kepala Bagian Forensik FK UISU, dr Ismurizal SpFK, Wakil Rektor (WR) I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, para Guru Besar, anggota Senat FK UISU, Wakil Direktur Rs Pirngadi.