BELAWAN-Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis menyambangi tempat belajar anak pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun, Marelan.

Hal itu dilakukan orang nomor satu di Mapolres Belawan dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional (HAN) sekaligus memberikan motivasi kepada anak-anak pemulung dalam menggapai cita-citanya yang belajar di TPA Jalan Pala Nibung, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Pada kesempatan itu, AKBP Ikhwan Lubis menyampaikan, kunjungan yang dilakukannya merupakan bentuk kepedulian kepolisian terhadap generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa Indonesia nantinya.

“Kedatangan kita disini bukan hanya seremoni belaka. Melainkan, memberikan motivasi para anak-anak pemulung yang gigih dalam menimba ilmu di TPA,” ujar mantan Kasubdit Indag Ditreskrimrus Polda Sumut didampingi, Kasat Binmas, AKP Justar Purba dan Kapolsek Medan Labuhan, AKP Edy Safari.

Dijelaskannya, sekolah pintar bagi anak- anak pemulung di TPA ini telah didirikan dari Tahun 2017 oleh Bhabinkamtibmas Polsek Medan Labuhan, Aiptu Amril Amdi.

“Apa yang telah dilakukan Aiptu Amril Amdi adalah sebuah terobosan yang baik dan patut didukung. Kerja keras yang dilakukan Bhabinkamtibams Polsek Medan Labuhan untuk membantu anak-anak pemulung telah berbuah manis. Sehingga diharapakan kedepanya para generasi muda dapat mencapai prestasi dan cita-citanya lewat menimba ilmu di TPA tersebut,” jelas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini.

Sementara itu, salah seorang pendamping siswa, Syarifah Spd, mengatakan, sekolah yang berdiri pada Tahun 2017 ini, kini memiliki 60 siswa yang keseluruhan adalah anak-anak dari keluarga pemulung.

“Mereka ada yang belajar pada kelompok Paket A, B dan C, semuanya berada di dalam satu lokal. Sekolah Pintar TPA Terjun selama berdiri telah menamatkan anak-anak pemulung pada Paket A setara SD sebanyak 4 orang, Paket B setara SMP, 13 orang dan Paket C setara SMA 24 orang. Sementara para anak-anak pemulung ini dibantu dua pendamping atau relawan, yakni Aza Tri Astuti dan Syarifah Spd,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Medan Marelan, M Yunus memberikan apresiasi setingi-tinggi kepada jajaran Polres Belawan yang peduli dengan dunia pendidikan.

“Saya mengaperiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Pelabuhan Belawan beserta jajaran yang peduli terhadap dunia pendidikan. Dalam hal ini, pihak kecamatan Medan Marelan kedepanya akan menyampaikan kepada Pak Wali Kota Medan untuk membantu honor tenaga pengajar sekolah pintar TPA ini,” kata Yunus yang turut hadir mendampingi Kapolres Belawan saat mengunjungi tempat belajar TPA tersebut.*