PALAS–Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak utama perekat TNI dan rakyat .Karena peran Babinsa memliki ikatan emosional dengan masyarakat yang selalu ada ditengah masyarakat.

Kesuksesan TMMD tidak terlepas peran penting dari Babinsa yang akrab dengan warga dalam berbagai hal baik persoalan desa sehingga berperan aktif membangun komunikasi secara harmonis.

Demikian diungkapkan Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0212/TS, Letkol Inf. Akbar Novrijal Yusananto, Rabu (24/7/2019), usai kunjungan kelokasi pelaksanaan TMMD, desa sasaran Hutaraja Lamo ,Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas(Palas), Rabu (24/7/2019).

Menurut Dandatgas yang juga Dandim.0212/TS , sukses pelaksanaan TMMD di lokasi desa sasaran, tidak terlepas peran dari Babinsa. Karenanya, Babinsa dituntut senantiasa proaktif dan bertindak secara simpatik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di lapangan.

“Babinsa harus mampu menjadi perekat dalam membina hubungan TNI dengan kalangan masyarakat, sebagai wujud menciptakan keamanan dan ketertiban ditengah -tengah masyarakat ” ujar perwira TNI berpangkat Lettkol yang saat ini menjabat Komandan Kodim 0212/Tapanuli Selatan.

Babinsa Hutaraja Lamo Serda Mukmin Nasution menyatakan, bangga menjadi Babinsa karena selalu dekat dengan warga ,khususnya diprogram TMMD,semakin terjalin eratnya hubungan silaturrahmi dan rasa kekeluargaan.

Mukmin juga mengajak warga untuk terus meningkatkan dukungan terhadap TNI karena infrastruktur yang dibangun melalui program TMMD milik masyarakat sehingga harus dijaga bersama sebagai aset desa dan warga.

Sebelumnya Babinsa Desa Sayur Maincat , Gunung Inten, Gunung Barani, Pagur Satio dan Panarian ,Kecamatan Barumun Selatan ,Pelda Amansyah Parulian Nasution yang juga anggota Koramil 08 Barumun mengatakan, peran Babinsa memiliki andil strategis ditengah warga untuk selalu menjaga kekondusifan.

"Kedekatan dengan warga harus dibina secara baik,sehingga terbangunnya komunikasi secara baik yang menyatukan kekompakan bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan,"katanya.

Senada dengan itu Babinsa Desa Hutadolok, Bonal Pagaran Jas Batu ,Batang Bulu Tanggal dan Aek Lancar Kecamatan Lubuk Barumun Serka Ansor Harahap menyebutkan kehadiran Babinsa harus dapat menjadi contoh bagi masyrakat .Karena sebagai cermin yang menggambarkan kemanunggal TNI bersama rakyat akan kuat.*