PALAS-Satgas TMMD ke-105 Kodim 0212/TS menggelar sosialisasi seputar manfaat sekaligus penggunaan Bios 44 kepada masyarakat sasaran kegiatan TMMD, di Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang Kecamatan Sosa Kabupaten Palas, Kamis (18/7/2019).

Hadir sebagai narasumber, Prajurit TNI dari Kodim 0304/Agam. Kapten Inf Chairul M yang juga Pasiter Kodim 0304/Agam menjabarkan materi sosialisasi. Diungkapkannya, bahwa Bios 44 ditemukan oleh prajurit TNI dan sudah dipatenkan.

Menurut Kapten Inf.Chairul, selain dapat mencegah kebakaran di lahan gambut, Bios 44 yang merupakan cairan itu dapat digunakan mengurai tanah tandus sehingga menjadi subur. Bahkan dapat juga digunakan untuk sentra perikanan.

Bios 44, lanjut Chairul, merupakan perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan. Fungsi awalnya untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada padalahan gambut dalam tempo tertentu.

“Setelah diketahui Bios 44 mampu membuat lahan gambut tidak mudah terbakar, maka itupun dikembangkan. Sehingga, digunakam untuk mengurai tanah tandus menjadi subur. Saat ini, cairan itu bahkan telah bisa digunakan mengembangkan budi daya perikanan dan penyubur tanah,” jelas dia.

Setelah diuji coba dibeberapa tempat, kata Chairul, salah satunya di sektor perikanan di daerah Tanah Mas, Banyuasin. Hasil riset ternyata menunjukkan, Bios 44 juga berfungsi mengembalikan tanah bekas tambang atau lahan terbengkalai menjadi lahan bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat.

Acara sosialisasi dilanjutkan turun ke lapangan untuk mempraktekkan tata cara penggunaan cairan Bios 44 yang tepat dan benar,sehingga sasaran sosialisasi dapat dipahami secara langsung oleh masyarakat ( peserta -red).

Turut hadir diacara sosialisasi Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Palas,Ir Abu Bakari , Kadis Pertanian Palas, Ir Abdullah Nasution , Pasiter Kodim 0212/TS, Kades Hutaraja Lamo dan Mondang, Sekretaris Kecamatan Sosa, Tokoh masyarakat, dan pelajar SMK Jurusan Pertanian.*