SIMALUNGUN-Setelah ditinggal ayahnya Sunaryo (54) karena meninggal dunia Rabu (17/7/2019) Ribka Mikayla(12) dan ketiga adiknya saat ini dititipkan sementara pada keluargaPandapotan Lubis dan boru Sitinjak di Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan.

Hal tersebut dikatakan Pandapotan Lubis kepada gosumut saat menyambangi kediamannya di Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan Kamis (18/7/2019).

"Ribka dan ketiga adiknya untuk saat ini dititipkan dulu kepada kami, kemarin Camat Dolok Panribuan yang langsung mengantarkan kerumah sekira jam 19.00 WIB setelah ayahnya dikebumikan. Untuk kedepannya nanti saya belum mengetahui tapi untuk sementara ini saya beserta istri yang mengasuh mereka," ungkapnya.

"Ibunya Ribka dan adiknya masih ada namun saat ini sedang kondisi sakit di Lubuk Pakam. Saya juga sudah beritahukan kepada Ibunya kalau Bapaknya Ribka sudah meninggal. Bila memang nanti diputuskan saya yang mengasuh Ribka dan ketiga adiknya saya dan istri sudah siap, karena saya dan keluarga Ribka selama ini juga sudah sangat akrab.Jika ayahnya pergi kerja pasti kerumah kamilah anak-anaknya dititipkan jadi sudah tidak asing lagi dan sudah saya anggap sebagai anak sendiri,"imbuhnya.

Sementar itu Ribka Mikayla yang saat ini duduk dikelas V SD N 091444 Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan mengatakan ingin tetap sekolah. "Saya ingin sekolah," ucap Ribka seraya memeluk adiknya yang paling kecil.

Terpisah Camat Dolok Panribuan Bangun Sihombing ketika dikonfirmasi via selulernya membenarkan jika Ribka dan ketiga adiknya untuk sementara dititipkan kepada keluara Pandapotan Lubis.

"Iya benar untuk sementara kita titipkan kepada keluarga Lubis menunggu ada keputusan dari pihak keluarga ibunya Ribka. Nanti hari minggu kemungkinan akan kita musyawarahkan dengan keluarga ibunya terkait Ribka dan ketiga adiknya,"ungkap Camat.

Sekedar informasi Ribka Mikayla dan ketiga adiknya selama ini tinggal bersama ayahnya Sunaryo(54) dirumah mereka di Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan. Namun Ibunya tidak diketahui dimana keberadaannya, tapi informasi dari Pandapotan Lubis, Ibunya Ribka saat ini berada di Lubuk Pakam dalam keadaan sakit.

Keluarga Sunaryo sempat viral dimedia sosial facebook tahun lalu dan mendapat perhatian hingga dikunjungi Bupati Simalungun JR.Saragih seraya memberikan bantuan sosial. Dan baru-baru ini Keluarga Sunaryo juga viral di media sosial facebook setelah Ribka diketahui sendirian menjaga ayahnya yang sedang sakit di Rumah Sakit Rondahaim Raya Simalungun. Namun kondisi ayahnya tidak tertolong dari penyakitnya hingga akhirnya meninggal.*