JAKARTA - Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon menggenggam tiket semifinal Turnamen Bulutangkis Indonesia Open 2019. Bermain di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat, 19 Juli 2019, pasangan unggulan pertama ini meraih kemenangan dua game langsung atas Zhang Nan-Ou Xuan Yi (Tiongkok), dengan skor 21-12, 21-16. Babak perempat final dilalui Kevin/Marcus tanpa banyak kesulitan berarti. Apalagi Zhang/Ou merupakan pasangan baru, Kevin/Marcus tampil lebih solid dan tidak mudah ditembus Zhang/Ou.

"Hari ini kami bermain cukup baik dan bisa mengontrol permainan. Sebenarnya lawan bermain sangat baik juga, mereka punya kecepatan, tenaga dan serangan yang bagus. Tapi hari ini kami sedikit lebih siap dari mereka," kata Kevin dalam konferensi pers setelah pertandingan.

"Di game kedua, lawan lebih berani, lebih safe. Mungkin di game pertama mereka masih gugup," tambahnya.

"Menurut saya, karena mereka pasangan baru, Ou masih banyak melakukan kesalahan sendiri. Mungkin di pertandingan pertama dia masih banyak gugupnya," jawab Marcus.

Di babak semifinal, Kevin/Marcus akan bertemu dengan Li Junhui/Liu Yuchen dari Tiongkok. Kevin/Marcus tercatat sudah delapan kali menang dan dua kali kalah dari Li/Liu. Kevin menuturkan bahwa rekor pertemuan tidak terlalu berpengaruh dalam pertandingan karena di lapangan, semua dimulai dari 0-0.

"Kami sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan lawan. Setiap ketemu mereka selalu ramai, menang atau kalah, permainannya tidak pernah mudah. Kami harus siap kasih yang terbaik untuk besok," kata Kevin. 

Sedangkan Marcus mengantisipasi serangan dan tenaga kuat yang dimiliki Li/Liu. Postur Li/Liu yang tinggi membuat mereka unggul di bola-bola atas. ***