MEDAN-Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) hadir di Kota Medan. Menawarkan berbagai layanan perawatan dan fasilitas kesehatan berkualitas dunia seperti kardiologi, fertilitas, onkologi, dan ortopedi hingga palet perawatan yang menarik dan terjangkau dari sejumlah fasilitas kesehatan swasta terkenal di Malaysia.

Salah satunya Ramsay Sime Darby Health, Sunfert International Fertility Centre, Genesis IVF & Women's Specialist Centre dan Mahkota Medical Centre.

Diketahui setiap tahunnya Indonesia salah satu pasar utama dari Malaysia Healthcare di mana pasien yang berasal dari Jakarta, Surabaya dan Medan menjadi pasien yang mendominasi untuk melakukan wisata medis atau pengobatan ke negeri Jiran Malaysia.

Dijabarkan Chief Commercial Officer, Malaysia Healthcare Travel Council (MTHC), Nik Yazmin Nik Azman untuk pasien dari Sumatera Utara (Sumut) khusus pasien dari Kota Medan sampai Juli 2019 ini sekitar 40-50 persen dari 400 ribu orang yang melakukan wisata medis di Malaysia yang telah memberikan nilai biasa sekitar 400 Juta Ringgit Malaysia.

“MHTC ini merupakan badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata kesehatan di Malaysia. Bekerjasama dengan 73 rumah sakit di seluruh Malaysia. Secara total ada 21 antaranya rumah sakit yang mempunyai fasilitas yang lengkap. Jadi rumah sakit yang tergabung juga memiliki akreditasi dengan standar internasional,” katanya pada Media di Medan, Jumat (19/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Yazmin menuturkan MHTC hadir selama 3 hari di Medan sejak 19 sampai 21 Juli dengan memberikan promo menarik mulai dari voucher 200 ringgit dan voucher 500 ringgit untuk melakukan pengobatan ke beberapa rumah sakit yang ditawarkan.

Salah satunya perwakilan dari rumah sakit yang ada di Malaysia yakni Rumah Sakit (RS) Mahkota, memiliki 17 kantor perwakilan di Indonesia. Untuk di Medan terletak di Jalan Gaharu, Gg Berdikari.

“Setiap bulan kita terima pasien asal Indonesia sebanyak 7000 pasien. Kalau untuk pasien asal Sumut ada 500 pasien yang melakukan pengobatan di kami. RS Mahkota sendiri fokus pada pasien onkologi atau kanker dalam hal ini kanker payudara. Kami memiliki alat kesehatan yang cukup baik terutama pada treatment radioterapi yang meningkatkan kadar kesembuhan lebih tinggi dan mengurangi efek kebotakan pada kepala usai melakukan radioterapi. Kami juga menerima pasien dengan keluhan sakit jantung, dan lainnya,” sebut Executive Marketing, Norhayati Ahmad.

Selain untuk pengobatan kanker, bagi pasangan yang belum dikarunia buah hati juga bisa memilih program bayi tabung yang ditawarkan oleh Genesis IVF & Women's Specialist Centre yang terletak di Penang.

Dikatakan, Katrina Felix perwakilan dari Genesis IVF & Women's Specialist Centre bahwa 70 persen pasien mereka berasal dari Sumut. Rumah sakit khusus bayi tabung ini memiliki sekitar 40-50 persen pasien asal Kota Medan. Menggunakan teknologi Pre Implantation Genetic Screening (PGS) untuk mengecek embrio pasien yang mempunyai masalah kromosom pasien.

“Tingkat keberhasilannya 70 persen. Jadi proses untuk bayi tabung ini memakan waktu 2 bulan. Dimana tahap awal hingga penanaman embrio sekitar 2 bulan. Sehingga pasien tidak perlu tinggal di Malaysia cukup datang 2 sampai 3 kali saja. Harga untuk program bayi tabung sekitar Rp 70 juta termasuk konsultasi, obat, proses pengambilan sel telur sampai tahap penanaman embrio. Bila mendaftar saat ini melalui pameran kami akan berikan diskon 200 sampai 500 Ringgit Malaysia,” pungkasnya.*