MEDAN – Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) Universitas Sumatera Utara bekerjasama dengan Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Kitosan dan Material Maju serta Pusat Kajian IPTEKS Eukalyptus menggelar The 1st International Conference on Chemical Science and Technology Innovation (ICOCSTI) 2019, bertempat di Grandhika Hotel Medan.

Kegiatan dibuka Rektor Universitas Sumatera Utara ( USU ) Prof Dr H Runtung Sitepu, SH, M Hum. Turut hadir dalam kegiatan ini mewakili Gubernur Sumatera Utara, Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Utara Dr Kaiman Turnip, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) USU Dr Kerista Sebayang dan Ketua panitia acara Prof Dr Harry Agusnar, M Sc.

Kegiatan ini menghadirkan keynote speakers dari manca negara yaitu Prof Dr Markus Fischer dari University of Hamburg, Prof Dr Rizalman Mamat dari Universitas Pahang Malaysia dan Saharman Gea, Ph D, dari Universitas Sumatera Utara. Sebanyak 120 orang partisipan dari beberapa kota di Indonesia menghadiri acara ini. Dalam tulisannya mereka mengusung isu-isu yang sedang hangat di masyarakat seperti Analytical Chemistry/ Instrument Analysis, Organic Chemistry, Inorganic Chemistry, Electrochemistry/Sensir Chemistry, Material Science and Nanotechnology, Environmental Chemistry and Technology, Energy Science and Technology Green Chemistry, Natural Product Chemistry, Chemical Synthesis and Polymer Chemistry, Medical and Pharmaceutical Chemistry, Computational Chemistry, Food and Agro Chemistry, Arts Chemistry, Life Chemistry, Forensic Chemistry, Education Chemistry dan Apllied Chemistry.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Utara Dr Kaiman Turnip menyatakan, bahwa pemerintah menyambut baik diadakannya konferensi sebagai momen yang tepat dalam membangun sinergi.

Hal itu diperlukan untuk mendorong kemajuan dan temuan baru dalam sains serta inovasi teknologi kimia dan dampaknya terhadap pengembangan teknologi. Kegiatan ini diharapkan dapat membahas banyak isu seputar kimia, terutama untuk membangun perkembangan kimia di Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Rektor Universitas Sumatera Utara menambahkan dalam sambutannya, hendaknya dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan makalah – makalah hasil penelitian dari para partisipan dari berbagai kota di Indonesia dapat berkontribusi untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya di bidang IPTEK.*