PALAS-Kontingen  Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang menjadi utusan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di kegiatan Pekan Daerah tingkat Provinsi Sumut yang dipusatkan di Kabupaten Serdang Bedagai. Diharapkan mampu membangkitkan semangat petani menuju kesejahteraan.

Demikian disampaikan Wakil Bupati  Palas drg Ahmad Zarnawi Pasaribu melepas kontingen KTNA Palas sebanyak 31 orang untuk mengikuti pekan daerah KTNA di Serdang Bedagai (Serge) kemarin.

Dikatakan, pekan daerah KTNA merupakan forum pertemuan petani, nelayan, dan petani hutan berprestasi sebagai wadah kegiatan belajar untuk menukar informasi, pengalaman, serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani nelayan dan petani kebun/hutan.

Selain itu, kata Wabup, peka KTNA ini juga  sebagai kegiatan peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah sehingga dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

Wabup berpesan, peserta utusan Palas dapat menunjukan sikap perilaku yang baik yang mengharumkan nama daerah selama kegiatan peda KTNA di Sergai.

Atas nama Pemkab Palas, Wabup  mengucapkan selamat berjuang bagi seluruh peserta, dan pendamping yang ikut serta mengikuti lomba Peda KTNA ini.

Ia berharap utusan KTNA Palas dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan pulang dengan hasil menggembirakan.

Sementara Ketua KTNA Palas, H Idaham Butar Butar mengatakan, kontingen KTNA yang mengikuti  pekan daerah berjumlah  31 orang.

Kata Idaham , mulai  peserta utama, pendamping sampai peninjau."Kami atas nama KTNA berterima kasih kepada Pemkab Palas  yang telah  fasilitas dan membantu keberangkatan untuk Peda KTNA di Serge," ucapnya.

Kegiatan pekan daerah KTNA di Serge tingkat Provinsi Sumut, berlangsung selama lima hari dimulai 15-19 Juli 2019.*