MEDAN-Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggagas Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Mabar.

Upaya tersebut dilakukan PKM UMSU dalam pengabdian masyarakat lewat program yang berpihak pada pemberdayaan perempuan di tingkat kelurahan. “Adapun tujuan program UP2K adalah untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan sehingga secara bertahap mampu menjadi wirausaha serta memungkinkan timbulnya kegiatan yang koperatif,” ujar Susi Handayani SE MM didampingi Lila Bismala S.T MSi dan Mutia Arda, SE MSi selaku Tim Pengusul PKM di Kampus UMSU, Jalan Mukhtar Basri Nomor 3 Medan, Selasa, (16/7/2019).

Selain itu, lanjut dijelaskannya, UP2K juga membantu modal bagi usaha ekonomi lemah melalui kegiatan perkreditan untuk memenuhi kebutuhan modal dan mengurangi ketergantungan dari pelepas uang agar mampu menolong masyarakat dari keterpurukan ekonomi. “UP2K pembuat aneka camilan dan UP2K pembuatan bakso kelurahan Mabar, kecamatan Medan Deli merupakan salah satu UP2K yang mendapatkan dana bergulir UP2K.

Diterangkannya, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu kelompok UP2K yang ada di Kelurahan Mabar sehingga nantinya kelompok UP2K bisa mengembangkan inovasi dengan diversifikasi produk serta pengelolaan keuangan, memperluas daerah pemasarannya sehingga pendapatan mereka meningkat dan perekonomian keluarga juga meningkat. “Hal ini dapat mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan di wilayah tersebut. Sedangkan metode yang digunakan adalah melakukan penyuluhan tentang pentingnya inovasi dan diversifikasi produk, pengelolaan keuangan dan pemasaran produk serta melakukan pelatihan pakckaging produk, pengelolaan keuangan dan pemasaran,” terangnya seraya menambahkan metode pendampingan yang dilakukan yaitu melakukan pembinaan dengan memberikan dukungan pembinaan di bidang administrasi keuangan, manajemen, pemasaran, teknologi dan memberikan pelatihan serta konsultasi.

Dari hasil program dijalankan, mitra sudah menerapkan hasil pelatihan yang dapat dilihat dari perbaikan proses produksi, packaging lebih baik, tambahan teknik pemasaran dengan media online, menerapkan pengelolaan keuangan dan penyusunan struktur organisasi lebih rasional. “Dari itu, maka tercipta keanekaragaman produk serta pengelolaan keuangan usaha yang baik dan produk kelompok UP2K semakin terkenal di masyarakat luas,” imbuh Susi.

Susi menerangkan, gagasan pemberdayaan perempuan lewat pengabdian masyarakat yang dilaksanakan PKM UMSU di Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli itu berdasarkan analisis situasi. “Saat ini sebagian besar industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dijalankan oleh kaum perempuan sebagai upaya untuk menambah penghasilan keluarga. Kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolak ukur dan barometer dalam pembangunan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan,” terang Susi.

Selain itu, disebutkannya, program pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan PKM UMSU sebagai bentuk dukungan untuk meyukseskan salah satu kebijakan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Bab I Pasal 3 1 Ayat 5 yang berbunyi: “Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) suatu organisasi yang berperan besar dalam masyarakat serta dapat membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu. Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)”. “Nah, pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan wadah bagi perempuan untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki perempuan agar secara mandiri sehingga mempunyai keterampilan dan keahlian dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi secara mandiri melalui peningkatan kapasitas dan kualitas hidup,” sebutnya.

Untuk itu, Susi menuturkan, struktur organisasi PKK terdiri beberapa Pokja (Kelompok Kerja), Salah satu Pokja (kelompok kerja) PKK yang sangat berperan penting dalam pemberdayaan masyarakat yaitu Pokja II yang membidangi program pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi. “Salah satu bentuk pelaksanaan program kerja Pokja II PKK diwujudkan melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga. Program UP2K adalah kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga, baik secara perorangan maupun kelompok, yang berujuan untuk mengembangkan usaha ekonomi keluarga melalui usaha kelompok atau perorangan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. Sedangkan sasaran Program UP2K-PKK adalah kelompok pelaksana yang memiliki usaha atau yang ingin mendirikan usaha perorangan atau kelompok yang tergabung dalam usaha bersama,” tuturnya.