JAKARTA - Chen Yufei masih terlalu tangguh bagi Fitriani. Pemain unggulan kedua asal Tiongkok tersebut menang dua game langsung atas Fitriani di babak pertama Turnamen Bulutangkis Indonesia Open 2019 dengan skor 21-7, 21-19.
Fitri masih belum bisa mengeluarkan permainannya di game pertama. Ia bermain di bawah kontrol Chen dan kehilangan banyak angka. 

Pada game kedua, Fitriani mulai menemukan ritme permainan dan memberi perlawanan. Akan tetapi Chen yang lebih berpengalaman, akhirnya kembali memegang kendali dan mengamankan tiket babak kedua. 

“Di game pertama saya kurang lepas mainnya jadi defense-nya juga kurang rapat. Yufei mengontrol permainan saya dari awal dengan baik. Di game kedua saya sedikit mengubah pola bermain dan mempercepat pergerakan. Lawan sempat mati-mati sendiri juga dan buang-buang bola juga. Tetapi di poin-poin terakhir saya kecolongan,” jelas Fitriani setelah pertandingan.

“Waktu poin 19-19 tadi saya buru-buru dan lawan juga mempercepat permainan depannya, kasih bola tipis, waktu saya angkat bolanya menyangkut,” tambahnya. 

Fitriani menambahkan bahwa masih banyak hal yang perlu ia perbaiki, terutama dari segi serangan dan ia mesti memperbanyak permainan no lob. 

“Sekarang bukan hanya mengandalkan smash saja untuk menyerang, tapi juga dari dropshot dan netting. Saya masih sering error saat melakukan itu,” ungkapnya. 
 
Sektor tunggal putri sementara telah mengirim satu wakil ke babak kedua lewat Gregoria Mariska Tunjung. Masih ada satu kesempatan menambah wakil, Lyanny Alessandra Mainaky akan bertanding melawan Zhang Beiwen dari Amerika Serikat.
 
Sedangkan Ruselli Hartawan terhenti di babak pertama dari unggulan ketujuh, Ratchanok Intanon (Thailand). ***