SERDANG BEDAGAI-Isu pergantian Sekertaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Sekdakap Sergai), Sumatera Utara terus mencuat di kalangan masyarakat.

Pasalnya, penggantian Sekdakab Sergai yang saat ini masih di jabat, Hadi Winarno yang sebentar lagi memasuki masa pensiun di bulan Oktober 2019 mendatang.

Kini dikabarkan ada pergantian dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, namun siapa sosok penganti Sekdakap baru untuk pengganti sekdakap yang lama yang layak diangkat sebagai pelaksana tugas ?

Hasil informasi Gosumut dilapangan, Senin(16/7/2019) banyak beredar isu di lingkungan Pemkab Sergai, bahwa pengganti sekdakap lama, Hadi Winarno yang lebih kurang 4 bulan lagi memasuki masa pensiun dikabarkan akan diganti pelaksana tugas(plt).

Namun siapa sosok yang dikabarkan menjadi pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Sergai, teryata pelaksana tugas (plt) Sekdakab yakni Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai (Kadisdik), Drs. Joni Walker Manik, MM.

Pergantian ini terbilang cukup rahasia. Dimana pergantian antara Hadi Winarno selaku Setdakap Sergai lama digantikan oleh Kadisdik Sergai, Joni Walker Manik, yang merupakan sosok pemimpin di dunia pendidikan dimana ia cukup dikenal arif dan bijaksana terhadap jajaranya dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Sergai.

"Infonya beredar Kadisdik Sergai, Joni Walker Manik akan diangkat menjadi pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Sergai nantinya. Soalnya sudah beredar kalau dirinya yang cocok untuk pengganti sekdakab yang lama,"kata sumber kepada Gosumut di Seirampah.

Menurutnya, dirinya yang sangat layak menjadi plt Sekdakab Sergai, walaupun masa habis pensiun sebentar lagi, "apa salahnya jika dirinya diangkat oleh Bupati Soekirman menjadi Plt Sekdakab nantinya. Karna dirinya juga memiliki wawasan yang cukup luas bahkan dirinya terlihat sangat kompak kepada jajaran maupun seluruh OPD di pemerintahanya.

"Sebelum masa pensiun Sekdakap Sergai habis, pastinya Bupati Soekirman sudah merancang siapa yang layak sebagai pelaksana tugas di Sekdakap Sergai. Pasti Joni Walker Manik," ungkap Sumber.

Sementara itu, Aswad Sirait kepada Gosumut di Seirampah mengatakan Bahwa bisa jadi, kalau Kadisdik Sergai, Joni Walker Manik diangkat sebagai Plt Sekdakab Sergai.

"Karena kita tahu bagaimana sepak terjangnya Kadisdik Sergai dalam memimpin dijajarannya. Bahkan jika hal ini benar pastinya diri bisa pengganti menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Serdangbedagai. Karna dirinya sosok yang tangguh untuk dipercaya dalam melaksanakan tugas menjadi Sekdakap, namun kita tunggu saja nanti apakah Bupati Soekirman emang benar benar mempercayakan Kadisdik Sergai untuk diangkat menjadi pelaksana tugas Sekdakab Sergai kedepannya,"Pungkas Aswad Siraid.

Seperti dikabarkan sebelumnya yang dihimpun Gosumut, banyak bermunculan Nama -nama penganti Sekdakab Sergai dilingkungan Pemkab Sergai, yang layak menjadi pengganti Sekdakab.Terutama Dimas Kurnianto saat ini menjabat sebagai Kepala BKD yang juga dikabarkan akan menduduki sebagai sekretaris daerah Kabupaten Serdangbedagai. Begitu juga Kepala Badan Keuangan dan Aset, Gustian SE juga dikabarkan juga layak pengganti Sekdakab Sergai. Selanjutnya, Joni Walker Manik, (Kepala Kadisdik), Prihatinah Sagala (Kepala Bapeda), Ikhsan AP MSi (Kadis PMD), Karno Siregar (Asisten III), Ifdal (Inspektorat) dan Kaharuddin (Asisten II) masing masing juga dikabarkan yang layak pengganti Sekdakab Sergai.**