PALAS-Berbaur dan bahu membahu bersama prajurit TNI dalam pelaksanaan berbagai kegiatan sasaran fisik yang dilaksanakan dalam program TMMD ke 105 Kodim 0212/TS TA 2019, merupakan bukti nyata dukungan masyarakat demi suksesnya pelaksaan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa, di Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara, yang dibuka pada 10 Juli lalu.

Walaupun harus merasakan sengatan dari teriknya Matahari, Senin (15/7/2019) siang, terlihat masyarakat penuh semangat sembari bergembira dan membuktikan dukungan penuh mereka saat melaksanakan pekerjaan fisik, pengecoran salah satu badan jalan dan sudah dilebarkan dalam program TMMD ke 105 TA 2019 ini.

“Sebagai bagian masyarakat dari ke dua Desa ( Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang), akan mendukung penuh pekerjaan prajurit Satgas TMMD ke 105 ini. Kami akan terus berbaur dengan para bapak-bapak dari TNI untuk menyelesaikan kegiatan pekerjaan fisik yang sedang dilaksanakan saat ini,"demikian yang disampaikan oleh, Kepala Desa Hutaraja Lamo, Ali Atas Hasibuan (38), kepada www.gosumut.com yang turun langsung mengaduk semen saat melaksanakan pekerjaan rabat beton di Desa tersebut.

Ali Atas juga menyampaikan bahwa, masyarakat dari Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang, secara bergiliran membantu Prajurit Satgas TMMD ke 105 ini, untuk menyelesaikan pelaksanaan kegiatan pekerjaan fisik, dan hal ini mereka lakukan sebagai bentuk support  terhadap program TMMD tersebut.

“Setiap hari secara bergiliran   kita mengirimkan masyarakat untuk membantu TNI yang bekerja. Selain itu, setiap hari juga saya terus mengontrol logistik yang diperlukan seperti, makanan ringan (snack) dan air minum ke lokasi pekerjaan,”tutur Kepdes tersebut melanjutkan.

Selain itu, Ali juga mengatakan di Desa mereka, sesuai rencana selain pelebaran jalan juga dillaksanakan pembangunan rabat beton sepanjang 500 meter dengan lebar 5 meter. Dimana, bangunan fisik ini sudah lama mereka (masyarakat) dambakan sebagai salah satu faktor guna peningkatan sektor perekonomian masyarakat. Selaku pimpinan Desa, dia juga merasa mendapat kehormatan turut andil dan bisa bergabung dengan TNI dalam membangun jalur yang merupakan akses vital perkebunan di Desa mereka itu.

“Ini adalah akses vital transportasi masyarakat yang nantinya diharapkan akan mendongkrak perekonomian yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk sasaran fisik lainnya, yang saat ini sedang dikerjakan adalah pembukaan jalan penghubung Desa Hutaraja Lamo dengan Desa Mondang, sepanjang 5 KM dan lebar 5 meter,"papar Ali mengakhiri.*