PALAS-Dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), petani Desa Hutaraja dan Desa Mondang Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) Sumatera Utara, akan merasakan meningkatnya sektor perekonomian  khususnya dibidang perkebunan.

"Tidak sangka, jarak 4,5 Kilometer kini lebih mudah ditempuh dengan jalan baru dan lebar, yang dibuka TNI yakni, Kodim 0212/TS dapat kami rasakan,"ungkap salah seorang petani sawit bernama Dahrul Hasibuan (57), warga Kecamatan Sosa, Senin (15/8/2019).

Petani sawit tersebut merelakan tanahnya untuk dipergunakan dalam program TMMD ke 105 ini, "Dan saya tegaskan, saya juga cinta sama TNI, bukan hanya mereka saja yang cinta kepada rakyat kami juga rakyat cinta kepada mereka,"lanjutnya.

Atas nama pribadi (Dahrul Nasution) bersama warga lainnya, mengucapkan rasa terima kasih yang tidak terhingga kepada Kodim 0212/TS, yang telah menjadikan Desa mereka sebagai sasaran pembangunan melalui TMMD 105 tahun 2019.

"Kami merasa jalan baru ini akan dapat meningkatkan pendapatan kami selaku petani sawit maupun petani karet,"ucap warga.

Warga juga menyampaikan, lahan perkebunan mereka dulu susah dijangkau roda empat. Belum lagi harus melintasi sungai yang deras jika air sungai itu naik alias banjir, bisa jadi mereka tidak dapat memanen karena harus melintasi sungai tersebut.

"Kami juga berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Padang Lawas, agar kedepan ditahun-tahun berikutnya dapat membuatkan jembatan dilokasi mereka.

"Jika pemerintah membangun jembatan, kami selaku warga tidak perlu cemas dan was-was lagi ketika harus menyeberangi sungai untuk memanen tanaman kami,"ungkap mereka lagi.

Pria yang memberikan tanaman sawitnya sebanyak 14 batang demi terwujudnya jalan baru program TMMD Kodim 0212/TS, berharap kedepan harga komoditas tanaman sawit dan karet kembali mengalami kenaikan.*