ASAHAN-Kepala Disporapar adakan Grand Final Pemilihan Duta Wisata Asahan 2019 di Hotel Marina, Sabtu (13/7/2019).

Kegiatan itu dihadiri Kepala Disporapar Kabupaten Asahan, Ketua KPAA Kabupaten Asahan, juri, peserta Duta Wisata dan Masyarakat lainnya.

Fadli Siagian selaku panitia menyampaikan laporannya bahwa untuk rincian jumlah peserta 50 orang terdiri terdiri dari 28 orang perempuan dan 22 orang laki-laki. Kegiatan dilakukan dengan cara ujian tertulis sebanyak 48 orang terdiri dari 28 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Untuk hasil ujian tertulis 20 orang terdiri dari 10 orang perempuan dan 10 orang laki-laki.

Fadli juga mengatakan bahwa perlu disampaikan bahwa yang akan menjadi duta pariwisata adalah peserta terbaik laki-laki dan peserta terbaik perempuan sehingga duta pariwisata nantinya merupakan satu pasang.

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan sehingga Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik," ucapnya.

Kemudian, Pidato Plt Bupati Asahan H. Surya BSc yang dibacakan oleh Kepala Disporapar Kabupaten Asahan Andre Simatupang menjelaskan bahwa selain berpenampilan menarik dan cerdas, Duta Pariwisata harus memenuhi unsur 4 R yaitu Raga, Rasio, Rasa dan Ruh atau memenuhi unsur 3B yaitu Beautiful (kecantikan), Brain (kecerdasan) dan Behaviour (tata krama dan etika).

"Melalui ajang pemilihan Duta Pariwisata ini diharapkan para finalis memiliki disiplin dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi untuk membantu Pemkab Asahan mempromosikan keanekaragaman kebudayaan dan destinasi wisata Asahan kepada wisatawan lokal dan mancanegara," harapnya.

"Saya juga berharap kepada para Duta Pariwisata agar dapat mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya bersih, indah dan tertib agar terwujud masyarakat yang bersih berakhlak dan bermental baik yang sesuai dengan visi Pemkab Asahan yaitu religius cerdas sehat dan mandiri," ujarnya.

Selanjutnya, penyerahan penghargaan kepada sponsor yang telah mendukung kegiatan ini yang diberikan langsung oleh Kepala Disporapar Kabupaten Asahan.

Adapun yang menjadi pemenang dalam Pemilihan Duta Wisata Asahan 2019 adalah

PUTRA Juara I : Asshdiqie L. Hasibuan Juara II : Afrizal Ardiansyah Sinaga Juara III : Avila Dwi Nugraha Nasution

PUTRI Juara I : Zahra Azizah Juara II : Maulidya Rizki Ananda Rangkuti Juara III : Falira Mutia Ibrahim

Favorit I : Dwi Wulandari Favorit II : M. Alif Ramadhan Favorit III : Mas Wahyu Agustina

Best Talent : Sony Andreas Simanjuntak Best Cat Walk : Muhammad Syahfriardan Best Persahabatan : Khairanti Liandari*