PALAS-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Padang Lawas, Hj Yenny Nurlina Siregar menilai, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 TA 2019 di Desa Hutarajo Lamo Kecamatan Sosa sebagai wujud budaya gotong royong dan kepedulian TNI kepada masyarakat.

Menurut Yenny  melalui  TMMD dapat mengakselarasi pembangunan desa, dengan melibatkan pemerintah daerah  dan masyarakat.Hal itu mengenai sasaran membangun  dari pinggiran yang manfaatnya dirasakan secara  langsung oleh masyarakat.

"TMMD sebagai aktualisasi budaya gotong royong karena melibatkan seluruh elemen termasuk masyarakat untuk  bergandeng tangan dan bersatu menggelorakan nilai kebangsaan. Dengan tujuan agar kesejahteraan masyarakat desa meningkat. Melalui TMMD, strategi pemberdayaan masyarakat  tercermin kekompakan yang penuh semangat dengan jiwa membangun kemajuan untuk kesejahteraan ditengah masyarakat ,"ucap Kepala Bappeda, Jumat(12/7/2019).

  Diharapkan kegiatan TMMD ini dapat mendorong peran serta dan partisipasi aktif masyarakat sehingga secara bertahap masyarakat mampu membangun diri dan lingkungan secara mandiri.

Ditempat terpisah Tokoh Masyrakat Kecamatan Sosa H Pangihutan  menyebutkan, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral, sehingga dalam pelaksanaannya, TNI membangun sinergitas dengan mengandeng masyarakat untuk membudaya kegiatan gotong royong.

Kegiatan TMMD ini selain pengerjaan infrastruktur fisik pembukaan sarana jalan lintas masyrakat,tambah, dia , ada  juga kegiatan non fisik berupa  penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, keamanan, dan ketertiban masyarakat.*