SERDANG BEDAGAI-"Pengurusan Wartawan Unit Pemkab, silakan untuk terus dilanjutkan dan perlu dilakukan musyawarah dengan pengurus, selanjutnya melakukan organisasi penyusunan program dan pemilihan pengurus sesuai KDRTnya. Wartawan menjadi mitra yang baik dalam mengkritisi maupun sebagai partisipatif. Kami sangat mengapresiasi hal ini sebagai kritik dan saran untuk lebih berbenah kedepannya.

Hal ini disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Sergai, H. Darma Wijaya, Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si, dihadapan pengurusan wartawan unit Pemkab Sergai saat gelar Audensi masa akhir jabatan Pengurusan Kordinator, tepatnya di Ruangan Bupati Sergai di Seirampah, Kamis (11/7/2019).

Menurut Soekirman, wartawan merupakan “mata dan telinga” bagi masyarakat juga pemerintah yang memiliki tingkat akurasi, validitas dan terpercaya. Karena wartawan dituntut untuk menyebarluaskan informasi yang akurat dan terpercaya bagi masyarakat," ucap Bupati Soekirman.

Ia menjelaskan, melalui berbagai program dan kegiatan khususnya kewartawanan, pihaknya sangat berharap para wartawan berperan serta dalam kegiatan yang dimaksud. "Hal ini juga sebagai wadah dalam peningkatan kualitas sebagai jurnalis,"Pungkas Bupati Soekirman.

Sementara itu, Wakil Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan bahwa Wartawan sebagai penyampai informasi mempunyai sisi positif dan negatif. Seorang wartawan tentu sudah biasa mengkritik pemerintahan, namun mengkritiknya tentu yang sifatnya membangun demi kemajuan bersama.

"Bukan wartawan yang suka “ngemop” atau suka menakut-nakuti pejabat pemerintahan demi mengejar rupiah.,"Kata Wabup Sergai H. Darma Wijaya.

"Saya memberikan apresiasi terhadap kinerja wartawan Pemkab Sergai sebagai mitra telah mempublikasikan program dan kegiatan kepada masyarakat. Semua kritikan yang disampaikan  bersifat membangun demi perbaikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat," tandas Wabup H. Darma Wijaya.

Kordinator Wartawan unit Pemkab Sergai Darmawan ST. menuturkan bahwa kepengurusan Wartawan Unit Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) periode 2016-2019, sudah berakhir. Hal yang sama dikatakan Perwakilan IJTI Fujianto. Ia menyampaikan perihal fasilitas dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi, hal ini agar wartawan TV dapat diikut sertakan dalam pelaksanaan UKW di Kabupaten Sergai dengan harapan ingin meningkatkan kompetensi dibidang kewartawanan.

Sementara itu Ketua IWO (Ikatan Wartawan Online ) Sergai Zuhari, sangat mengapresiasi atas apa yang sudah diberikan oleh Pemkab Sergai melalui Dinas Kominfo kepada seluruh wartawan Unit Pemkab. Kedepannya kami berharap agar kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan serta  lebih meningkatkan program dan kegiatan yang lebih kreatif dan menarik.

Begitu juga dikatakan Muklis perwakilan dari PWI Sergai. Ia mengemukakan bahwa kegiatan yang berkaitan dengan kewartawanan hendaknya terus ditingkatkan hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan intelektual jurnalis sehingga memiliki kompetensi yang baik.

“Terkait dengan pelaksanaan UKW, kami sangat mendukung penuh karena ini dapat meningkatkan grade maupun kualifikasi wartawan itu sendiri. Sebagai mitra dari pemerintah kami juga mendukung program pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” kata Mukhlis.

Perwakilan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Novriandi mengutarakan bahwa semenjak terbentuknya kepengurusan wartawan Unit Pemkab Sergai terdapat juga beberapa program dan kegiatan yang belum berjalan dengan maksimal. "Oleh karena itu, kami berharap dengan kepengurusan Unit Pemkab yang baru nantinya, dapat berjalan dengan baik dan wartawan mampu menggali isu dan potensi yang dimiliki. Kepedulian Pemkab Sergai dengan wartawan juga dapat dilihat dengan kembali digelarnya UKW nantinya. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan oleh wartawan Sergai untuk meningkatkan kualitas dan wawasannya," ujar Novriandi.

Sementara itu dalam sambutan terakhir, Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal M.Si menyampaikan bahwa untuk program dan kegiatan yang diperuntukkan bagi wartawan yaitu anggaran kegiatan UKW dengan kapasitas 40 orang wartawan.

"Selain itu Kominfo Sergai juga terus berusaha meningkatkan keharmonisan dengan wartawan sebagai mitra Pemkab Sergai dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas."tutup Kadis Kominfo.*