BELAWAN-Sebuah pabrik kasur Springbed di Helvetia Pasar V, Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, terbakar, Selasa (9/7/2019).

Akibatnya, seluruh barang-barang yang berada di dalam pengolahan pabrik kasur tersebut ludes terbakar rata dengan tanah.

Informasi dihimpun menyebutkan, peristiwa naas tersebut pertama kali diketahui oleh Ridwan, warga sekitar lokasi.

Melihat itu, ia berteriak sembari memberitahukan kepada Kepala Dusun II, Rahim. Namun sayang, api dengan cepat membakar lantaran material di dalam pabrik mudah terbakar.

"Saat melintas hendak pergi kerja. Saya melihat kobaran api dari dalam pabrik springbed. Kemudian memberitahukan kepada Kadus," ucap Ridwan.

Api yang semakin membesar, kata Ridwan sontak mengundang perhatian warga masyaakat sehingga berbondong-bondong memadati lokasi kejadian.

"Melihat kobaran api begitu besar, warga bersama-sama membantu dengan alat seadanya. Akan tetapi, bantuan itu tak dapat memadamkan api. Sehingga warga menghubungi petugas pemadam kebakaran," katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun II, Rahim menuturkan, peristiwa kebakaran kasur sprinngbed di Desa Manunggal sudah pernah terbakar sebelumnya.

"Pabrik kasur springbed sebelumnya juga pernah terbakar. Ini kebakaran yang kedua," tuturnya.

Petugas pemadam kebakaran yang menerima informasi, langsung menuju ke lokasi kejadian. Akan tetapi, tim penjinak api dari Pemko Medan sempat kesulitan masuk kedalam karena tempat kasur springbed berada di pemukiman warga.

Walau demikian, api dapat dipadamkan setelah sembilan unit mobil damkar berjibaku melawan si jago merah. Tidak ada korban jiwa, akan tetapi dalam peristiwa tersebut pabrik kasur springbed mengalami kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Medan Labuhan, AKP Edy Safari membenarkan adanya kebakaran di wilayah hukumnya.

"Iya benar. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan dan petugas sudah turun ke lokasi kejadian dengan memasang Police Line. Sedangkan penyebabnya diduga arus pendek," tandas mantan Kasat Narkoba Polres Belawan ini.*