LABUHANBATU - Menindaklanjuti dukungan terhadap Kodim 0209/LB, Karang Taruna menggelar rapat agar terlibat dalam kegiatan TMMD (Tentara Manunggal Masuk Desa), Kamis (4/7/2019) di Sekretariat Karang Taruna. Kegiatan ini juga dirangkum dengan rapat perdana silaturahmi seluruh pengurus Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu dalam persiapan pelantikan pengurus yang rencananya akan dilaksanakan pada Agustus 2019 di Kantor Karang Taruna, Jalan Gelugur, Pajak Baru, Rantauprapat.

Ketua Karang Taruna Labuhanbatu periode 2019-2024, Aswin Syahputra S.kep, Ms, MKM, di dampinggi Sekjen Dasril Lumbantobing, dalam arahannya menegaskan, bahwa organisasi ini adalah organisasi besar, tinggal lagi bagaimana tujuan dan harapan itu diaplikasikan demi kemajuan organisasi ini dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama pemerintah.

"Artinya Karang Taruna adalah organisasi yang tidak terpisahkan dari pemerintah," tandasnya.

"Tujuan rapat ini adalah agar kita masing-masing mengetahui apa tujuan dan masing-masing tupoksi seluruh pengurus. Saya yakin di kepengurusan ini adalah orang-orang yang memiliki potensi masing-masing," ungkapnya.

"Sebagai langkah awal kita juga sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama kita sudah melakukan kerjasama dan mendapatkan kepercayaan untuk mendukung kegiatan TMMD Kodim 0209 Labuhanbatu," timpalnya.

Aswin berharap, dengan adanya momen ini seluruh kepengurusan lebih aktif lagi. Jika tidak, dirinya mengancam akan melakukan evaluasi terhadap anggota yang kurang efektif dalam mendukung kegiatan Karang Taruna.

"Mari kita besarkan organisasi ini dengan bergandengan tangan. Berikan ide-ide terbaik untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera," pintanya.

Mewakili Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ahmad Lokot Ritonga menyatakan siap mendukung organisasi Karang Taruna. Di mana, dinas sosial memiliki 4 bidang yaitu Bidang Pemberdayaan Sosial, Bidang Rehabilitasi Sosial, Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, dan Bidang Penanganan Fakir Miskin.

"Bicara soal Karang Taruna, ini adalah organisasi anak kandung pemerintah sebagai wadah generasi muda untuk bergerak di bidang sosial. Maka peranannya sangat dibutuhkan di masyarakat. Mari kita sikapi bersama agar masyarakat sampai ke tingkat desa dan dusun terperhatikan dengan segala kepentingan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, majunya sebuah organisasi berdasarkan kebersamaan dan kerja sama dengan instansi-instansi pemerintah untuk kepentingan masyarakat, khususnya kurang mampu dan memperdayakan pemuda dan masyarakat melalui program-program yang akan di ajukan Karang Taruna.

"Ini akan terlaksana apabila ada kemauan kita. Pekerja sosial harus berjiwa sosial tanpa mengharapkan imbalan," jelasnya.

Pada rapat ini hadir pula Kasi Pemberdayaan Sosial, Kasi Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat Bambang Mintorogo, beserta pengurus Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu.