PALAS-Ahmad Zarnawi Pasaribu dari halaman komplek perkantoran SKPD Terpadu Sigala-gala, Kecamatan Barumun menuju lapangan Merdeka Sibuhuan,Rabu (3/7/2019) Wabup berharap pelaksanaan manasik haji  memberikan pengetahuan kepada calon jemaah haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji.

Melalui manasik ini para jemaah calon haji  mendapatkan pembekalan tentang tata cara pelaksanaan haji yang baik.

"Kepada calon jemaah haji saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik," kata Wabup.

Dikesempatan itu, Wabup  mengucapkan selamat kepada seluruh jemaah calon haji Palas yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan Ibadah haji tahun ini.

Wakil Bupati  berpesan kepada jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji. "Kita yang mendapat kesempatan ke tanah suci sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak saudara kita yang  seharusnya berangkat, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal,"terang Zarnawi.

Oleh karena itu ,lanjut dia , seluruh calon jemaah haji (Calhaj)  dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan Ibadah haji ,baik persiapan fisik maupun mental, dengan demikian  dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Palas Drs H Amran Hasibuan mengatakan, untuk tahun ini calon jemaah haji yang akan berangkat berjumlah 421 orang ditambah TPHD sebanyak 3 orang.

"Calon jemaah  haji asal Palas akan berangkat dua kloter. Kloter pertama sebanyak 388 orang pada kloter 6 ,selanjutnya 35 orang lagi masuk di kloter 8 .Seluruh calhaj akan diberangkatkan secara serentak pada 16 Juli dari Sibuhuan,"katanya.

  Dari jumlah 421 Calhaj Kabupaten Palas berasal dari Kecamatan Barumun 108 orang,Kecamatan Sosa 67 orang, Kecamatan Hutaraja Tinggi 80 orang, Kecamatan Barumun Tengah 77 orang.

Selanjutnya ,tambah Amran, Kecamatan Batang Lubu Sutam 28 orang, Kecamatan  Lubuk Barumun 30 orang, Kecamatan Ulu Barumun16 orang, Kecamatan Huristak 10 orang dan Kecamatan Sosopan 5 orang.

Diacara pelepasan manasik haji Akbar, selain Wabup tampak juga hadir Sekda Palas Arpan Nasution, pimpinan OPD, Forkopimda, Kapolsek Barumun AKP Sudirman .SH, Danramil 08 Barumun Kapten Info.Fahri Batubara, Ketua FKUB Palas, Abdul Haris dam keluarga jemaah yang mendampingi.*