ASAHAN-Dalam Rangka menjalin silaturrahim dengan Masyarakat Desa Pulo Bandring, Plt. Bupati Asahan H. Surya BSc bersama dengan Sekdakab (Sekretaris Daerah Kabupaten) Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi dan beberapa OPD kembali menghadiri Halal Bihalal yang dilaksanakan oleh Warga Jawa Desa Pulo Bandring dan Sekitarnya, Selasa (2/7/2019) malam di Desa Pulo Bandring, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan.

Plt. Bupati Asahan H. Surya BSc dalam Sambutannya Menyampaikan bahwa Halalbihalal berkaitan dengan silaturahim, yang bermakna "menyambung kasih sayang".

"Caranya dengan membangun suatu keadaan saling bergantung satu sama lain. Maka dari itu, antar sesama manusia dapat saling memahami dan mengasihi," terangnya.

Pejabat nomor satu di Kabupaten Asahan itu juga menjelaskan bahwa silaturahim merupakan sebuah upaya pemulihan, karena dalam menjalani kehidupan seseorang kadang kala melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu hubungan dengan orang lain.

Sambungnya, dengan halalbihalal, habluminannasatau hubungan horizontal dengan sesama manusia (relasi sosial) diperbaiki.

"Kalau upaya saling maaf-memaafkan tuntas, Insya Allah hubungan vertikal habluminallah juga dapat ditingkatkan. Dengan begitu, tujuan puasa Ramadhan, yakni menjadi insan yang bertakwa, dapat tercapai," tuturnya.

Disamping itu Beliau juga berharap kepada warga etnis jawa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam rangka mewujudkan pembangunan di Kabupaten Asahan sesuai dengan Visi Misi terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Diakhir Sambutannya H. Surya menyampaikan permohonan maaf dari Almarhum H.Taufan Gama Simatupang, MAP.

"Kalau dimasa Kepemimpinan beliau sebagai Bupati Asahan Terdapat Kekhilapan dan Kesalahan mohonlah untuk dimaafkan," tutup H. Surya, BSc.*