SERDANG BEDAGAI-Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dari Kementrian ESDM pusat usulan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Sergai baru dikerjakan dua minggu sudah di Rusak Orang Tak Dikenal (OTK).

Menanggapi hal ini Bupati Sergai, Ir H Soekirman ketika dikonfirmasi via WhatApp mengatakan dirinya sudah minta kasatpol PP koordinasi dengan Polres Sergai agar pelaku cepat terungkap.

Menurutnya, dirinya juga menyayangkan atas tindakan OTK yang telah merusak lampu jalan yang merupakan fasilitas umum yang sangat bermanfaat, terlebih daerah tersebut rawan terjadinya lakalantas dan aksi kejahatan.

"Kita berharap kepada masyarakat agar ikut menjaga dan mengawasi dan ikut mendengar orang-orang jahat yang dicurigai sebagai perusak fasilitas umum Jika ada mencurigai segera melaporkan pihak kepolisian,"pungkas Bupati Soekirman.

Terpisah, Kasat Pol PP Sergai, Drs Fajar Simbolon saat di konfirmasi via seluler kepada Gosumut, Rabu (3/7/2019) membenarkan hal tersebut," Iya benar. Atas informasi kita sudah cek kelokasi bersama Dinas Perkim dan Polres Sergai, serta pihak rekanan dilokasi kejadian. Dengan hasil pengecekan ada enam tiang penerangan lampu jalan umum tenaga surya yang rusak pada bargain panel suryanya terdiri 2 unit panel surya ditemukan didalam paris dan 4 unit lainya hilary,"terang Pajar Simbolon.

"Awalnya kita dihubungi pak Bupati bahwa lampu penerangan jalan umum tenaga surya di jalinsum hilang, atas informasi tersebut kita langsung kordinasi pihak perkim sergai dan Polsek Teluk Mengkudu maupun Kecamatan Teluk mengkudu untuk turun langsung dilokasi kejadian, ternyata benar,"pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bantuan dari kementrian ESDM pusat memberikan bantuan Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya(PJL-TS) sebanyak 300 titik. Hal ini berkat usulan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Pemerintah Kabupaten Sergai.

Baru saja diselesaikan dua minggu kini sydah dirusak orang tak Dikenal (OTK), dikawasan Jalinsum Medan-Tebingtinggi, tepatnya lokasi Depan Pintu Tol Teluk Mengkudu Perbatasan Kecamatan Seirampah, Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara.**