Palas-Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas ) H.Ali Sutan Harahap ( TSO) didampingi Wakil Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu tepung tawari  421  calon jemaah haji, Rabu (3/7/2019) dipendopo rumah Dinas Bupati , Jalan Kihajar Dewantara Sibuhuan.

Calhaj yang ditepung tawari terdiri dari calhaj  Kloter 6 dan 8  sebanyak 421 orang, direncanakan  jadwal keberangkatan bertolak dari daerah  16 Juli 2019  menuju Asrama Haji Medan.

Tampak hadir diacara tepung tawar atau upah- upah, Kakan Kamenag Kabupaten Palas Dra H Amran Hasibuan, Sekda Arpan Nasution, Pimpinan OPD, Camat dan Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( FKPD).

Bupati H Ali Sutan Harahap dalam sambutannya mengatakan jamaah calon haji Kabupaten Palas  Sebanyak 421  jamaah ditambah 3 TPHD sehingga berjumlah 424 orang.

Dikatakan, menunaikan ibadah haji merupakan perjalanan panjang dan jauh, serta beribadah yang memerlukan fisik yang prima ,maka pada kesempatan  memberikan upah-upah dan tepung tawar supaya senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan untuk memberi ketenangan hati.

" Semoga allah SWT membekali dengan ketakwaan  seraya memberikan kemudahaan  bagi jamaah haji asal Kabupaten Palas ," ujar TSO.

  Selain itu,TSO juga  berpesan kepada seluruh jamaah calon haji yang akan menunaikan rukun islam kelimanya tahun ini untuk meluruskan niat dan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah baik wajib maupun sunnah.

Tak lupa juga, Bupati  berpesan, memohon doa untuk Kabupaten Palas menjadi daerah yang baldatun toyyibatun wa robbun ghofur.

Usai tepung tawar dilanjutkan makan bersama dan pemberian bingkisan oleh Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap kepada 421 calhaj yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2019.

Sebelumnya acara tepung tawar dilaksanakan Manasik Haji Akbar oleh calhaj yang dilepas Wakil Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu  dari Halaman kantor SKPD Terpadu Pemkab Palas.

  Kegiatan manasik  haji bertujuan untuk   memberikan   pengetahuan  kepada   jamaah calon haji mengenai  tahapan - tahapan  dalam  menunaikan  ibadah  haji  yang  baik  dan  benar sesuai  dengan tuntunan al-qur’an dan sunah rasulullah saw selama berada di tanah suci, kata Wabup.

"Pelaksanaan manasik haji juga sangat penting agar para calon haji mengenal satu dengan lainnya sehingga bisa saling membantu saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci nanti," tandas Wabup.*