ASAHAN-Ilham Syahputra bocah berusia 6 tahun warga Dusun V, Desa Air Joman Baru, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan diketahui telah hanyut dialiran Sungai Silo tepatnya didekat tempat tinggalnya, Senin (1/6/2019).

Berawal dari saat Ilham dan tiga orang temannya sedang memancing di sekitar lokasi kejadian, pada saat itu korban pergi mencari cacing sebagai umpan dan setelah selesai korban menuju pinggiran sungai dengan maksud hendak mencuci tangan.

Salah satu teman korban bernama Gilang melihatnya saat mencuci tangan sesaat itu juga tiba-tiba korban terpeleset dan jatuh kedalam sungai kemudian tenggelam.

Dari kejadian itu, Gilang memberitahukan kepada teman lainnya, selanjutnya bersama-sama melaporkan hal tersebut kepada keluarga korban.

Kemudian pihak BPBD Kabupaten Asahan berkooordinasi dengan pihak BASARNAS Pos Tanjung Balai, BPBD Kota Tanjungbalai, Forkopimcam Air Joman dan Pemerintah Desa setempat.

Dari beberapa unsur tersebut dibantu juga dengan masyarakat setempat, bersama-sama turun ke lokasi mencari korban dengan cara menyisir sungai menggunakan perahu LCR, perayu rafting dan perahu nelayan milik warga setempat dari titik lokasi hingga radius 2 KM kearah hilir sungai.

Dari pencarian tersebut, korban belum sempat ditemukan, akan tetapi pencarian dilanjutkan keesokan harinya pada hari Selasa (2/6/2019).

Selanjutnya, di hari kedua Selasa (2/6/2019) pagi sekitar pukul 07.45 wib, Korban ditemukan oleh warga yang hendak mandi di Sungai. Disitu ia melihat korban dalam keaadan terapung dan meninggal dunia dipingiran Sungai Silau tepatnya di Lingkungan I, Kelurahan Sejahtera, Kecamatan Tanjung Balai Utara, Kota Tanjung Balai.

Atas penemuannya itu, warga tersebut melapor kepada pihak BPBD Kota Tanjungbalai. Selanjutnya BPBD Kota Tanjungbalai menginformasikan kepada BPBD Kabupaten Asahan dan BASARNAS Pos Tanjungbalai.

Kemudian BPBD Kabupaten Asahan bersama-sama dengan BPBD Kota Tanjungbalai dan BASARNAS Pos Tanjungbalai turun ke lokasi dan langsung mengevakuasi korban dari sungai.

Korban yang sudah kehilangan nyawanya itu langsung dibawa ke rumah duka untuk diserahterimakan kepada keluarga korba.*