TOBASA-Rezim kepemimpinan Pemerintahan Toba Samosir berdasarkan Keputusan KPUD, penetapan rekepitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati/Wakil Bupati Toba Samosir tahun 2015 di menangkan oleh Pasangan Ir Darwin Siagian/Ir.Hulman Sitorus dengan sebutan WinMan.

Pasangan "WinMan" ini resmi dilantik menjadi Bupati/Wakil Bupati Kab. Toba Samosir oleh Plt.Gubernur Sumatra Utara H.T.Erry Nuradi atas nama Mendagri Tjahjo Kumolo pada Rabu, 17 Februari 2016 dan resmi menjalankan tugas menjadi Bupati Tobasa untuk periode jabatan (17 Februari 2016 s/d 17 Februari 2021).

Tidak berapa lama pada bulan Nopember 2016 Bupati Ir Darwin Siagian mengganti pejabat Sekda Kabupaten Tobasa dengan Pelaksana Tugas (Plt) oleh Arifin Silaen yang saat itu menjabat Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Tobasa.

Pada Februari 2017 Plt.Sekda Tobasa Arifin Silaen mengalami sakit stroke dan menjalani operasi otak. Karena melihat dan mengetahui kondisi kesehatan Plt.Sekda Arifin Silaen yang tidak dapat dipastikan kepulihan kesehatannya kapan akan membaik dan dirasa oleh Bupati tidak memungkinkan lagi untuk menduduki Jabatan Plt. Sekda Tobasa, untuk menjalankan tugas Sekda diangkatlah Assisten 1 Tata Pemerintahan Harapan Napitupulu sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekdakab Tobasa.

2 bulan menduduki jabatan Pelaksana Harian (Plh) Sekdakab Tobasa, pada bulan April 2017 Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian mengangkat dan menetapkan Harapan Napitupulu,SH sebagai Pejabat Pelaksana Tugas Sekda Toba Samosir yang sekaligus menduduki jabatan sebagai Assisten 1 Assisten Tata Pemerintahan Kab.Toba Samosir (jabatan tetap).

Kursi Jabatan Pelaksana Tugas Sekdakab Toba Samosir diduduki oleh Harapan Napitupulu,SH yang kesehariannya sebagai pejabat Assiten 1 Assisten Tata Pemerintahan Kab.Tobasa mulai dari April 2017 hingga 02 Juli 2019 (dalam kurun waktu 2 Tahun 2 Bulan 2 Hari).

Setelah mengalami berbagai desakan,secara khusus dari para jurnalis yang bertugas di Tobasa melakukan aksi unjuk rasa damai menuntut pengangkatan dan pendefitifan pejabat Sekda Tobasa pada bulan Desember 2018 sebanyak 2 kali aksi.

Melalui konfrensi pers di bulan Februari 2019 Bupati Tobasa Ir Datwin Siagian memberikan jawaban kepada pers dan publik bahwa pemkab akan melaksanakan secepatnya lelang jabatan untuk Kursi Jabatan Sekda Tobasa oleh BKD Tobasa.

Dari semenjak dilantik menjadi Bupati Tobasa dari 17 Februari 2016 hingga 1 Juli 2019 (3 Tahun 4 Bulan) jabatan Sekda Tobasa tetap di isi oleh Plt dan Plh (Pelaksana Tugas dan Pelaksana Harian).

Berdasarkan Keputusan Bupati Toba Samosir No.  435 Tahun 2019 Tentang pengangkatan pegawai Negeri Sipil dalam jabatan pimpinan tingkat Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir menetapkan Drs. Audi Murphy O Sitorus, SH, M.Si dengan Pangkat/Golongan Ruangan, Pembina Utama Muda (IV/C) dalam jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir terhitung sejak tanggal pelantikan 02 Juli 2019 menjadi Sekda Tobasa.*