MEDAN - Peran wartawan sangat penting dan strategis dalam menjaga suasana kondusif melalui pemberitaan yang mengacu pada rambu kode etik jurnalistik (KEJ) dan aturan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Hal itu mengemuka dalam Dialog Kerukunan Lintas Agama Kota Medan dengan Wartawan diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara di Hotel Emerald Garden Medan, Sabtu (29/6/2019).

Tampil sebagai narasumber dalam dialog yang dibuka Wakil Ketua FKUB Kota Medan H Burhanuddin Damanik tersebut Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Rizal Rudi Surya SH, Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP Rudi Hartono SIK MM serta Dr. H. Erwan Efendi, S.sos MA.

Selain itu juga mengemuka tentang pentingnya wartawan memperhatikan dampak suatu berita sebelum disebarluaskan ke masyarakat. "Toleransi dan hati nurani harus dikedepankan," pesan Rizal Rudi Surya seraya mengingatkan agar wartawan terus menerus melakukan verifikasi atau check and richek atas suatu informasi agar terhindar dari berita-berita hoax.

Rizal juga berharap agar FKUB membuka Hotline komunikasi 24 jam agar wartawan mudah melakukan konfirmasi ketika terjadi suatu kasus yang berkaitan dengan umat beragama.

Sementara Kasat Binmas Polrestabes Medan mengajak wartawan untuk juga menjaga suasana keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sebagai bagian dari upaya menjaga suasana kondusif di tengah-tengah masyarakat.***