JAKARTA - Beberapa kader Partai Golongan Karya (Golkar) dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kepulauan Riau (Kepri), menyambangi kantor Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo. Kedatangan kader Golkar tersebut berniat memberikan dukungan, agar Bambang Soesatyo maju sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar menggantikan posisi Airlangga.

Hal ini diungkapkan Bamsot, sapaan akrab Bambang Soesatyo kepada wartawan usai menggelar pertemuan di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (28/6/2019.

"Jadi hari ini saya kedatangan kawan-kawan dari DPD Golkar Kepulauan Riau, yang secara tertulis mendorong saya untuk maju dalam bursa calon Ketua Umum DPP Golkar," ujar Bamsoet.

Dalam pertemuan tersebut kata Bamsoet, ada sekitar 7 DPD tingkat dua dan DPD tingkat satu dari Kepulaun Riau yang menyatakan dukungan.

"Dari 7 DPD tingkat II dan DPD tingkat I di Kepulauan Riau ini, intinya berharap agar saya maju sebagai ketum Golkar sekaligus melanjutkan program-program yang sudah ada, dan memberikan rasa nyaman kepada kader di daerah," tandasnya.

Menurut Bamsoet, sejatinya tidak hanya DPD Kepri yang datang memberikan dukungan. Namun ada beberapa DPD Golkar seperti Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Jawa Barat dan Kalimantan yang sedianya juga akan memberikan dukungan secara tertulis.

"Sebenarnya dari berbagai daerah, kemarin mau ke Jakarta menemui saya dan memberikan dukungan. Tapi karena masih menunggu keputusan MK soal sengketa pilpres jadi ditunda. Dan Alhamdulillah hari ini datang dari Kepri, sebagian dari Jabar, Maluku, Papua barat dan Maluku Utara," katanya.

"InsyaAllah, apa yang mereka harapkan mudah-mudahan saya bisa melaksanakan. Intinya saya sebagai calon akan melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan para pengurus Golkar di DPP, termasuk juga para pengurus parpol koalisi pendukung pemerintah," tambahnya.

Pasalnya kata Bamsoet, mayoritas pendukungnya menginginkan agar Golkar kedepan tetap ada dalam barisan koalisi pendukung pemerintah yakni Jokowi-Ma'ruf.

"Harapan kawan-kawan daerah, saya bisa memimpin Golkar dan tetap setia mendukung Jokowi hingga selesai, yang kedua, mereka juga berharap dibawah kepemimpiunan saya, tidak ada keputusan Parpol di tingkat pusat yang tidak sesuai aturan dan tanpa mekanisme AD/ART Golkar sendiri," bebernya.

Yang ketiga kata dia, kader-kader Golkar di daerah juga ingin, agar tidak ada lagi plt plt di daerah. "Karena plt di daerah itu jadi momok bagi pimpinan Golkar daerah, aspirasi ini disampikan kepada saya, dan saya harus bisa mengayomi serta membina kader di daerah supaya tidak ada plt lagi," tukasnya.

Yang keempat lanjutnya, para kader Golkar daerah juga berharap, dalam menghadapi tantangan zaman, para pengurus di DPD-DPD minimal diisi 60-70 persen anak-anak muda.

"Dan yang terakhir, saya juga setuju dengan keinginan mereka, bahwa jabatan Ketum Partai Golkar cukup hanya satu periode saja. Saya setuju sekali," tegasnya.

Namun begitu, Bamsoet sampai saat ini mengaku belum menghitung berapa juumlah DPD Golkar di Indonesia yang sudah mendukungnya. Karena menurut dia, dukunga hanya baru sebatas lisan.

"Jadi saya mohon kepada para kader daerah yang ingin memberikan dukungan, silahkan saja. Tapi saya berharap secara tertulis, yang menandakan betul-betul memberikan dukungan. Termasuk bagio-kawan-kawan daerah yang besok juga akan mendukung saya," pungkasnya.***