MEDAN - Kota Medan keluar sebagai juara umum cabang olahraga (cabor) bulutangkis Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019, yang tuntas digelar di Gedung PBSI Sumut Jalan Willem Medan, Kamis (27/6).

Medan meraih lima emas, lima perak dan dua perunggu. Hasil ini diraih setelah, pada partai puncak nomor perorangan, Medan mengumpulkan tiga emas tambahan, masing-masing dari tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran yang merupakan All Medan Final. Dua emas sebelumnya, diraih Medan dari kategori beregu putra-putri. Nomor tunggal putra medali emas diraih Aldo usai mengalahkan Satrio dengan 2-0 (21-11, 21-15), lalu nomor tunggal putri emas menjadi milik Nia setelah menaklukkan Tri Intan dengan 2-0 (8-21, 13-21) dan ganda campuran Fadlan/Fany menang 2-1 atas Gustri & Adelia (21-16, 20-22, 21-17).

Di dua nomor lainnya, Medan harus merelakan emas pindah ke daerah lain, yaitu nomor ganda putra, pasangan Robby/Teddy asal Asahan meraih medali emas usai mengalahkan Yufi/Bayu (Medan) dengan 2-1 (21-19, 18-21, 21-18) dan Tebingtinggi meraih emas pada nomor ganda putri melalui pasangan Lisa Anjeli/Malikhatus dengan mengalahkan Adelia/Ayu Sekar (Medan) dengan 2-1 (21-17, 16-21, 21-17).

Target Medan untuk sapu bersih di Porprovsu 2019 pun gagal. Karena hanya meraih lima dari tujuh emas yang diperebutkan.

Pelatih Tim Bulu Tangkis Medan, Nurhayati mengakui kecolongan soal target. Hanya saja, di sisi lain, komposisi pemain dari daerah lain memang di atas Medan.

"Hasil di perorangan dibilang kecewa iya, kalau dari sebenarnya dari sisi permainan kita imbang. Namun untuk komposisi pemain di atas kertas, mereka lebih unggul khususnya di kelompok ganda putri dan ganda putra. Kami berharap menang tapi di lapangan hasilnya beda, ya harus diterima," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis usai pengalungan medali menjelaskan hasil Porprovsu cabor bulu tangkis sudah lumayan, karena kekuatan di daerah sudah membaik.

"Kalau dilihat sudah lumayan walau hampir didominasi oleh Kota Medan. Dari tujuh medali, lima diambil oleh Medan, itu menunjukkan daerah-daerah sudah mulai ada. Dulu kan rata-rata sudah diambil Medan. Ini ada dua nomor yang diambil daerah. Kita harapkan ke depan cabang bulu tangkis ini bangkit," ungkapnya.

"Kita harapkan bulu tangkis bisa juara umum di Pra PON melali Porwil Sumatera di Bengkulu. Seperti yang lalu-lalu, Porwil kita meraih tujuh medali emas dari tujuh nomor, kita harapkan torehan itu bisa kita pertahakan," tegasnya.

Di sisi lain, John Ismadi juga menambahkan bahwa program Pelatda Pra PON berjalan baik. Ini dilihat dari prestasi atlet-atlet Pelatda meraih medali di Porprov ini. "Hampir seluruh atlet Pelatna kita meraih medali emas. Ini berarti program mereka sudah benar untuk tingkt daerah. Kita harapkan bulu tangkis bisa berprestasi di tingkat nasional walaupun berat. Walaupun PON Tahun 2022 belum bisa kita harapkan, tapi saya yakin PON 2024 kalau kita tuan rumah kita harus bisa berprestasi," pungkasnya. **

Daftar Peraih Medali 1. Beregu Putra Emas (Medan) Perak (Deliserdang) Perunggu (Labura, Tebingtinggi)

2. Beregu Putri Emas (Medan) Perak (Tebingtinggi) Perunggu (Labura, Deliserdang)

Perorangan 1. Tunggal Putra Emas (Aldo/Medan) Perak (Satrio/Medan) Perunggu (Aldi/Deliserdang, OK Riza/Deliserdang)

2. Tunggal Putri Emas (Nia/Medan) Perak (Tri Intan/Medan) Perunggu (Syaibahhani/Labusel, Zahra Dewi/Asahan)

3. Ganda Putra Emas (Robby & Teddy/Asahan) Perak (Yufi & Bayu/Medan) Perunggu (Artha & Gustri/Medan, Bima & Ariani/Binjai)

4. Ganda Putri Emas (Lisa Anjeli & Malikhatus/Tebingtinggi) Perak (Adelia & Sekar Ayu/Medan) Perunggu (Yolanda & Aprilian/Medan, Debby & Natalia/Labura)

5. Ganda Campuran Emas (Fadlan & Fany/Medan) Perak (Gustri & Adelia/Medan) Perunggu (Robby & Luvita/Asahan, Fadilah & Fauzi/Sergai)