MEDAN - Kontingen bulutangkis Kota Medan kembali menunjukkan dominasinya sebagai tim unggulan di Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019.

Ini setelah tim beregu putra putri Medan memastikan diri melangkah ke babak final usai mengalahkan lawan-lawannya di partai semifinal yang berlangsung di GOR PBSI, Jalan Pancing, Senin (25/6). Tim beregu putra Medan mengalahkan Labuhanbatu Utara (Labura) dengan 3-0. Kemenangan ini awali oleh tunggal putra Medan Aldo menaklukkan pebulutangkis Labura, Fajar dengan dua set langsung 21-7, 21-6. Selanjutnya, tunggal kedua Medan, Fadlan menang atas Bintara dengan 21-3, 21-3. Dan, tunggal ketiga, M Gustri menang dengan 21-3,21-7.

Di final yang akan akan dilangsungkan Selasa (25/6) pagi, beregu putra Medan akan melawan Deli Serdang. Deli Serdang sendiri melaju ke final usai menaklukkan Tebing Tinggi 3-1 di semifinal.

Sementara itu, di partai beregu putri semifinal, Medan juga masih terlalu tangguh bagi Deli Serdang usai menang telak 3-0. Tunggal putri Medan, Tri Intan mengawali kemenangan atas Ricka 21-6, 21-1. Tunggal kedua, Nia juga menang dua set langsung atas Riky dengan skor telak 21-1, 21-1. Dan kemenangan ini dituntaskan lewat ganda putri Ayu/Intan menaklukan ganda Deli Serdang Mondy/Widya dengan 21-3, 21-9.

Pada partai final Medan, akan berhadapan dengan Tebing Tinggi yang harus susah payah mengalahkan Labura dengan skor 3-1 di semifinal beregu.

Melawan Labura, Tebing Tinggi mengalawali dengan baik saat tunggal putrinya Liza Anjeli menang atas Siti dengan 21-8, 21-11. Tunggal kedua, Malikatus juga menang dengan dua set langsung 21-17 dan 21-10. Namun partai ketiga, tunggal putri Tebingtinggi, Siti Fadila mengakui keunggulan tunggal Labura, Debby dengan tiga set 21-15, 19-21 dan 20-22. Pertandingan terakhir pun dituntaskan oleh ganda putri Tebing Tinggi Lisa/Malikatus melawan Siti/Chelsea dengan dua set langsung 21-3, dan 21-6.

Pelatih Tim Medan, Nur Hayati yang diwawancarai usai laga bersyukur timnya bisa melaju ke final. Mereka optimis bisa meraih emas. Meski, diakuinya lawan besok tak akan mudah ditaklukkan. "Kami optimis, dan harus optimis. Kami akan berjuang maksimal mungkin untuk merebut emas. Memang lawan kita berimbang kali ini," ujarnya.

Dia mengurai pada beregu putri lawan Tebingting kekuatan berimbang. "Mungkin di putri kekuatan masih fifty-fifty," lanjutnya.

Sedangkan untuk beregu putra, Medan menurutnya berpeluang besar merebut emas. "Kalau putra masih 60-40 untuk Medan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Rahmat, Techical Delegate Cabor Bulu Tangkis Porprovsu menambahkan untuk partai final beregu akan dilangsungkan mulai pukul 09.00 WIB. "Setelah itu pukul 13.00 WIB, akan dilanjutkan dengan pertandingan kategori perorangan," ujarnya.***