MEDAN - Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019 resmi dibuka Gubsu Edy Rahmayadi diwakili Kadispora Sumut Baharuddin Siagian di Astaka Pemprovsu Jalan Willem Iskandar/Pancing, Medan, Sabtu (22/6).

Multi even empat tahunan ini mempertandingan 14 cabang olahraga (cabor) yang berlangsung hingga 29 Juni mendatang. Baharuddin saat membacakan sambutan Gubsu mengatakan Porprovsu diharapkan dapat menjadi tolak ukur pembinaan atlet di Sumatera Utara.

"Porprovsu adalah suatu program multi even empat tahunan yang dilaksanakan dalam mempersiapkan atlet Sumut mengikuti Pra PON dan PON. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan prestasi atlet agar lebih berprestasi daripada Porprov dan PON sebelumnya. Realisasi pembinaan prestasi olahraga di seluruh kabupaten dan kota se-Sumut, " ujar Baharuddin.

Gubsu berharap multi even ini tidak hanya menjadi rutinitas belaka. Namun harus mampu memberdayakan potensi-potensi daerah.

"Kami berharap pada Porprovsu tahun 2019 kali ini, dapat sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan berbagai potensi daerah Sumatera Utara dalam membina, mengembangkan dan memajukan keolahragaan dl Sumatera Utara. Kami harapkan tidak lagi menjadi agenda rutinitas semata. Even ini harus menjadi titik lanjut pembinaan olahraga Sumut yang harus dilaksanakan secara konsisten," kata Bahar membacakan sambutan Gubsu.

Selain itu Pemprov Sumut juga mengharapkan daerah tidak menghalalkan segala cara untuk juara. Termasuk memutasi atlet yang selama ini menjadi preseden buruk.

"Fenomena mutasi atlet besar-besaran demi berburu medali yang senantiasa terulang pada setiap edisi pekan olahraga baik itu PON maupun Porprov harus dihentikan dengan perubahan paradigma. Untuk itu, Porprovsu harus dijadikan kompetisi yang mengandalkan potensi-potensi riil setiap kabupaten kota di Sumut. Lebih baik apa adanya, kalau memang tidak bagus mau apa lagi. Misalnya demi juara Porprovsu mengambil atlet dari daerah lain," tambahnya.

Sementara itu Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis memberikan motivasi kepada atlet agar bertanding semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama daerahnya.

"Kepada seluruh peserta kami sampaikan selamat bertanding.Kami harapkan para atlet nantinya bisa menembus ke PON. Nantinya Gubernur Sumut berjanji akan berkeliling ke venue-venue untuk memantau prestasi atlet. Terima kasih kepada kabupaten/kota yang sudah membiayai atletnya bertanding di ajang ini," kata John.

Sementara Wakil Ketua PB Porprovsu Prof Agung Sunarno melaporkan ajang ini diikuti 30 kabupaten/kota dengan total 1948 atlet, 462 ofisial dengan memperebutkan total 817 medali. Para atlet telah disiapkan akomodasinya di 21 hotel kota Medan.