JAKARTA - Di akhir bulan ini, Badan Koordinasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) akan menggelar acara halalbihal di Masjid Istiqlal, Jakarta. Dalam acara tersebut akan digelar santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa usai  salat Jumat.

Hal ini diungkapkan Ketua BKPRMI, Said Ali Al Idrus, saat bersilaturahmi dengan wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid di ruang kerjanya, Jumat (21/6/2019) siang. "Kami meminta Bapak Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengisi acara itu dengan tausiyah," ujar Ali.

Rencananya kata Ali, acara tersebut juga akan dihadiri oleh 5.000 orang. Ali menyampaikan, kegiatan yang diadakan oleh organisasinya tak hanya selepas Idul Fitri. Di saat Idul Adha, BKPRMI juga akan menyembelih 200 hewan potong.

Hewan potong yang terkumpul akan disembelih di Rohingnya, Myanmar, daerah pesisir, serta tempat yang membutuhkan lainnya.

Mendapat permintaan sebagai penceramah, HNW menyanggupi. Kepada delegasi BKPRMI yang hadir dalam pertemuan itu, alumni Pondok Pesantren Gontor ini mengharap agar ummat Islam mengembalikan masjid pada fungsinya.

"Yaitu mempersatukan ummat dan tempat bersujud berjemaah pada Allah," jawab HNW.

HNW juga berpedan, agar umat Islam mampu menjaga dan mengembangkan ukhuwah yang konstruktif. "Kita harus mampu menghadirkan kegiatan yang konkret, pemberdayaan umat. Dan kehadiran BKPRMI kiranya juga mampu mencerahkan umat Islam," tandasnya.

Diakui HNW, saat ini umat Islam tidak hanya dalam satu wadah. Tapi juga berada dalam bebrapa organisasi massa. Meski berbeda dalam ormas, beda pilihan saat Pemilu, diharpakan umat islam tetap rukun dan damai.

"Jangan ada saling caci maki atau menjelekan. Beda politik jangan sampai bermusuhan”, harapnya.

Dalam berpolitik di Indonesia, menurut pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu perjuangan yang dilakukan lewat cara-cara demokrasi. "Nah salah satu cara dalam berdemokrasi adalah Pemilu, banyak-banyakkan suara. Untuk itulah di sini pentingnya persatuan agar perjuangan yang dilakukan bisa tercapai," pungkasnya.***