BELAWAN-Sesosok mayat bayi dalam karung plastik ditemukan di Sungai Deli Kampung Kurnia, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (19/6/2019).

Bayi berjenis kelamin laki-laki yang belum diketahui indetitas tersebut pertama kali ditemukan oleh saksi mata bernama Abdul Karim Syahrial Lubis (52) warga Lingkungan 9 Jalan Rupat Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan sekitar pukul 06.00 WIB.

"Saat itu, saya hendak pergi melaut. Namun, tiba-tiba melihat seperti sesok bayi dalam keadaan mengapung di Sungai Deli. Setelah di cek ternyata benar," ujar Abdul Karim Syahrial Lubis.

Temuan itu, kemudian dia beritahukan kepada warga lainya. Selanjutnya bersama warga menarik jasad bayi malang itu ke pinggir sungai deli.

"Setelah diangkat ke bataran sungai. Kami melaporkan kejadian tersebut kepada Bhabinkamtibmas Kelurahan Belawan Bahari, Aiptu Sandi Marpaung," kata pria yang berprofesi sebagai nelayan ini.

Tak berapa lama, petugas Polsek Belawan dan tim Inafis Polres Pelabuhan Belawan yang mendapat kabar tiba di lokasi tersebut.

Selanjutnya, orok bayi jenis laki-laki itu langsung dievakuasi untuk dilakukan pemeriksaan. Kemudian, dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Jalan KH Wahid Hasyim guna keperluan otopsi.

Kapolsek Belawan, Kompol Safarudin Tama Siregar yang dikofirmasi mengatakan, bahwa mayat bayi ditemukan dalam karung palstik tersebut, berawal dari informasi seorang nelayan. Selanjutnya, personel diperintahkan melakukan penyelidikan ke lapangan untuk melakukan kroscek.

"Setelah dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), diketahui kondisi mayat saat itu sudah meninggal dunia. Kemudian, mayat bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan," ujar Kapolsek.

Dia menerangkan, terkait penemuan bayi yang tidak berdosa ini, sejumlah saksi sudah diperiksa. Sedangkan pelaku yang sengaja membuangnya tengah pengejaran oleh petugas.

"Kita sudah memeriksa sejumlah saksi dan menunggu hasil visum dari Rumah Sakit Bhayangkara Medan. Untuk pelaku sendiri, petugas tengah melakukan penyelidikan dan melakukan pemburuan terhadap tersangka pembuang bayi tersebut," tandas orang nomor satu di Mapolsek Belawan ini.*