MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mendukung sepenuhnya pembinaan maupun pelaksanaan even olahraga di provinsi ini. Apalagi Sumut akan menjadi tuan rumah bersama dengan Aceh menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi ketika menerima audiensi Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis yang hadir bersama Panitia Besar Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (PB Porprovsu) 2019 di ruang kerjanya, Rabu (19/6) siang. Gubsu didampingi Kadispora Sumut Baharuddin Siagian menegaskan, pembinaan olahraga harus fokus, tidak boleh setengah hati agar prestasi olahraga kian terangkat.

Terkait pelaksanaan Porprovsu yang akan digelar 22 hingga 29 Juni 2019 di Medan, Edy Rahmayadi meminta kepada KONI Sumut, khusususnya panitia pelaksana harus siap bekerja keras dan mengemas even ini berlangsung dengan baik.

Panitia, tambah Gubsu, harus bisa memastikan para atlet atau peserta merasa aman dan nyaman selama menjadi peserta Porprovsu, sehingga mereka pun tenang dan enjoy bertanding untuk mempersembahkan prestasi terbaik.

Gubsu juga berharap, Porprovsu yang digelar empat tahun sekali ini menjadi momen pembinaan. Artinya, dari pelaksanaan ini nantinya selain menetaskan prestasi juga jenjang karir bagi atlet Sumut menapak pretasi lebih tinggi.

Undang Gubsu

John Ismadi Lubis didampingi Ketua PB Porprovsu Sakiruddin, Wakil Ketua Prof Agung Sunarno, Bendahara Agung Santoso, Bidang Upacara M Syahrir dan Bidang Akomodasi/Komsumsi Dahliana dalam kesempatan tersebut mengundang Gubsu untuk hadir sekaligus membuka pesta olahraga paling bergengsi di Sumut ini.

Namun, harapan agar Porprovsu dibuka langsung oleh Gubsu harus tertunda, karena kebetulan di saat yang sama Edy Rahmayani tidak berada di Medan. Sebagai pengganti Wagubsu Musa Rajekshah dijadwalkan yang akan membuka pesta olahraga multi even ini.

Seleksi Terakhir

Sebelumnya, pada temu pers dengan wartawan di Gedung KONI Sumut Jalan Pancing Medan, John Ismadi Lubis menegaskan, Porprovsu 2019 diikuti 1.948 dari 30 kabupaten kota di Sumut. Even olahraga empat tahunan ini memperebutkan 227 medali emas, 227 medali perak dan 363 medali perunggu. Porprovsu yang mempertandingkan 14 cabang olahraga, sekaligus seleksi terakhir menghadapi Kejurnas 2019/Pra PON 2020.

Didampingi Sakiruddin, Prof Agung Sunarno, Agung Santoso, M Syahril, John mengakui jika pelaksanaan Porprovsu seyogyanya digelar November 2018 lalu. Persoalan anggaran menjadi alasan KONI Sumut untuk memundurkan pelaksanaan Porprovsu.

Ketua PB Porprovsu 2019 Sakiruddin menambahkan, berbeda dengan even serupa sebelumnya, Porprovsu kali ini lebih elite karena seluruh peserta diinapkan di hotel berbintang. Karena itu pula, tambah Prof Agung, kepada seluruh official tim diminta memperhatikan dan mengawal betul para atletnya, sebab bisa saja hal-hal baru ini mempengaruhi penampilan atlet.

Sementara Bendahara Agung Santoso menjelaskan, pendanaan terkait pelaksanaan ini aman terkendali. “Kami mengharapkan dukungan seluruh lapisan masyarakat agar Porprovsu 2019 berangsung sukses,” kata John Lubis dan diaminkan para panita.***