BUKITTINGGI - Nuansa Maninjau Resort adalah salah satu hotel legendaris di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Hotel ini didirikan pada tahun 1975, yang kemudian diubah namanya menjadi 'Parkside Nuansa Maninjau Resort'. Hotel Nuansa Maninjau Resort yang terletak di Embun Pagi, Matur Mudik Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini menghadirkan pemandangan dan kesejukan udara danau Maninjau yang eksotis.

Seiring perkembangan zaman, Parkside Nuansa Maninjau Resort tetap bertahan dan eksis memanjakan para tamu dan wisatawan meski semakin banyak bermunculan hotel, vila dan home stay di wilayah Kabupaten Agam.

Sejumlah wisatawan lebih memilih hotel ini, karena lokasinya yang cukup strategis dekat dengan sejumlah objek wisata alam seperti Puncak Lawang, Danau Maninjau dan Danau Singkarak.

Dari pengamatan GoNews.co pada Selasa (18/6/2019) pagi, tepat di belakang Parkside Nuansa Maninjau Resort ini juga terpampang pemandangan menarik. Nunansa hijau dari pepohonan dan kabut di atas danau, benar-benar bikin mata betah untuk tidak berkedip.

Keindahan alam di sekitar hotel ini benar-benar menakjubkan. Tak heran jika para tamu hotel sengaja mengabadikan pemandangan di sekitar hotel dengan kamera ponselnya. Hotel legendaris ini juga menawarkan kemewahan bagi para tamunya. Di hotel ini ada 59 kamar yang terdiri dari 43 kamar Superior, 5 kamar Deluxe, 4 kamar honeymoon suite, dan 7 cottage.

Fasilitas lain yang dihadirkan hotel ini kolam renang, lapangan basket, lapangan tennis, jogging track, gym, restaurant dan billyard. Sementara untuk sekmen MICE, hotel ini menyediakan 3 metting room kapasitas 200 pax.

Nuanasa Maninjau di bawah Parkside Indonesia Hospitality memang kembali dikelola profesional dengan mengembalikan kejayaannya pada era tahun 2000 an.

Dengan bergabungnya Parkside Indonesia Hospitality dibawah jaringan Parkside Internasional, tentu secara tidak langsung juga meningkatkan dan meninggikan potensi Maninjau di kancah internasional. Karena hotel dibawah jaringan Parkside internasional ada 120 hotel lebih di dunia yang tersebar di 58 negara terkoneksi dengan jaringan-jaringan yang sangat luar biasa untuk perkembangannya.

Dan Hotel Nuansa Maninjau Resort adalah yang pertama di Sumatera Barat, yang dikelola Parkside Indonesia Hospitality.

Danau Maninjau yang Eksotis

Danau Maninjau di Desa Matur adalah salah satu kawasan wisata yang tidak jauh dari Nuansa Manjijau Resort. Untuk anda yang gemar foto dan ingin mengabadikan Danau Maninjau, sebaiknya anda menuju kawasan Puncak Lawang atau Lawang Empat.

Kedua bukit ini merupakan spot yang bagus untuk menyaksikan panorama danau Maninjau. Apabila cuaca cerah, anda bisa melihat secara utuh danau yang dikepung oleh bukit-bukit. Airnya yang bening terlihat biru dan ketika terkena pantulan cahaya matahari akan tampak kehitaman.

Namun jika anda tidak bisa ke dua bukit tersebut, cukup melihat Danau Maninjau dari Restouran di Nuansa Maninjau Resort. Karena hotel ini juga emiliki fasilitas balkon yang dapat digunakan tamu untuk menyaksikan Danau Maninjau dari ketinggian.

Karena lokasi hotel yang berada tepat di atas Danau Maninjau, tamu dapat leluasa menyaksikan kemolekan danau. Selanjutnya anda juga bisa mendatangi situs Danau Maninjau. Untuk sampai kesana, anda harus melewati jalanan menurun dengan banyak kelokan atau tikungan. Tak tanggung-tanggung sebanyak 44 tikungan harus dilewati. Karenanya jalanan ini dikenal dengan nama Kelok Ampat-Ampat. Pada tiap kelokannya ditandai dengan angka menurun 44-1.

Tiba di tepian danau, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Maninjau yaitu Palai Rinuak, Rinuak Goreng, Pensi, Bada Masiak, dan Bada Goreng. Ada yang siap dimakan sambil menikmati pemandangan alam Danau Maninjau, ada pula ikan asin sebagai buah tangan. Semuanya adalah jenis ikan tawar yang hanya hidup di Danau Maninjau. Sehingga hanya bisa dibeli di sepanjang jalan Lintas Maninjau – Lubuak Basuang – Gasang.***