TOBASA-Acara perayaan puncak Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 Minggu, (16/6/2019) di puncak Gunung Simanggolom desa Lintong Ni Huta Kec,Tampahan yang merupakan 1 dari 17 Kalender kegiatan Pariwisata Badan Pembangunan Otoritas Danau Toba dihadiri langsung oleh Ny Brenda Ritawati Darwin Siagian selaku Ketua TP PKK Kabupaten Toba Samosir yang juga turut serta di dampingi rombongan para ibu ibu TP PKK Kabupaten dan Kecamatan.

Ny Brenda langsung berkeliling di hampir seluruh Stand kegiatan TCWMF 2019 dengan tujuan unuk memantau dan memonitoring berbagai kegiatan pameran, termasuk juga untuk melakukan komunikasi langsung kepada masing masing pemilik stand yang datang dari berberapa daerah pemilik usaha kuliner.

Tujuan utama Ny Brenda berkeliling untuk memperhatikan secara dekat sekaitan dengan berbagai barang jualan  yang di pamerkan oleh masing masing stand hasil produksi mereka.

Setiap pemilik stand yang hadir datang dari berbagai kalangan pengusaha dan pengrajin UMKM untuk memeriahkan pelaksanaan acara TCWMF 2019 Bukit Singgolom Tampahan.

Dalam kesempatan tersebut Ny Brenda mencoba dengan mencicipi beberapa jenis Kuliner yang disajikan beberapa stand pedagang yang merupakan hasil olahan/racikan pemilik stand itu sendiri.

Dengan mencicipi berbagai kuliner tersebut di setiap stand dan warung jajanan kuliner  yang didirikan masyarakat Ny Brenda tampak berinteraksi dengan pemilik stand yang sekaligus juga dalam kesempatan tersebut ia mencicipi produk makanan hasi olahan UKM masyarakat Kabupaten Toba Samosir.

"Saat moment seperti ini merupakan suatu kesempatan bagi para pelaku UKM/UMKM untuk berinovasi sekaligus untuk mempromosikan makanan hasil olahan sendiri oleh masyarakat dengan tujuan dan harapan kita ke depan agar semakin lebih dikenal masyarakat luas di pasaran,"ucapnya.

"Semoga dengan diadakannya acara sebesar ini, kedepannya kreasi olahan makanan UKM Tobasa semakin memboming di luar dan dikenal dengan baik yang tentunya kan menarik minat mereka untuk hadir di Toba Samosir untuk menikmati berbagai lokasi wisata di daerah kita ini," ujarnya.

Disampaikannya, agenda TCWMF untuk tahun 2020 yang akan datang akan dilaksanakan lebih besar dan lebih meriah lagi di banding tahun ini. "Karena pelaksanaan TCMWF merupakan kegiatan perdana yang langsung dilaksanakan di alam terbuka, karena tahun 2018 yang lalu kita melaksanakannya di ruangan tertutup tetapatnya di gedung TB Silalahi Center. Jadi untuk lebih meyemarakkan kegiatan TCMWF tahun 2020 yang akan datang para pelaku UKM di Tobasa harus semakin lebih termotivasi untuk menciptakan terobosan terobosan baru akan kuliner di daerah kita ini akan semakin dikenal,"sebut Ketua TP. PKK Tobasa ini.

Dalam kesempatan tersebut Ny Brenda bersama dengan rombongannya mengunjungi stand produk makanan olahan dari Lansia Kabupaten Toba Samosir. Dalam kunjungannya Ny Brenda memberikan dorongan semangat dan motivasi, bahwa umur tidak menjadi kendala untuk berkreasi.*