SERGAI-Usulan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sergai ke kementrian ESDM pusat akhirnya terwujud tentang permohonan untuk membangunkan lampu jalan umum dengan energi tenaga surya.

"Pekerjaan lampu tersebut pekerjaan dari Kementrian ESDM pusat atau kegiatan dari APBN, berdasarkan permohonan kita untuk membangunkan lampu jalan umum dengan energi tenaga surya atau non PLN sebanyak 300 titik yang kita usulkan kekementrian ESDM tahun 2018 lalu,"ucap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sergai, Drs. Dasril SKM, M. Kes kepada Gosumut, Senin(17/6/2019).

Menurut Dasril, pekerjaan yang diusulkan tersebut yaitu di Kecamatan Perbaungan ada sebanyak 100 titik di sekitaran Kelurahan simpang tiga, mulai penerangan dari gapura sei ular sampai didepan pabrik adolina sampai kearah Pantai cermin. Sementara itu di kecamatan Teluk Mengkudu desa leberia ada 50 titik dari mulai pintu tol Teluk Mengkudu sampai lewat patung kuda( Kramat kuda). Sedangkan di kecamatan Seirampah ada 50 titik mulai dari pintu Tol Teluk Mengkudu sampai desa firdaus. Dan 100 titik lagi berada di kecamatan Tebingtinggi yakni di Desa Payalombang sampai Desa Paya bagas.

"Mudah- mudahan selesai bulan juli ini. Kita untuk dilakukan pengawasan dan pemeliharaan," ucap Kadis Dasril.

"Pekerjaan itu bukan kita yang ngerjakan, kita hanya mengusulkan dan proses tender sampai pekerjaanya mereka pihak ESDM. Kita hanya menerima saja " Pungkas Dasril.

Amatan Gosumut dilokasi, pekerjaan lampu penerangan jalan di jalinsum sergai, terlihat sebagian masyarakat memberikan apreasi kepada pemkab Sergai karena pemasangan lampu penerangan jalan tersebut yang merupakan lokasi rawan kriminalitas yang selama ini sangat rawan dari tindak kejahatan terutama pada malam hari.

"Terimakasih buat pemerintah Kabupaten Sergai, dimana lokasi yang diduga sangat rawan tindak kejahatan kriminalitas sudah ada pembangunan penerangan lampu jalan,"ujar anto (45) warga Teluk Mengkudu kepada gosumut dilokasi jalinsum.

Jalan yang lokasi terbilang sangat rawan yakni dari Simpang Wartob sampai Perumahan 1916 hingga perbatasan "Mudah- mudahan adanya lampu penerangan ini kedepanya tindakan kejahatan di lokasi tersebut bisa berkurang sehingga aktifitas warga yang akan melintasi dilokasi tersebut tidak jadi was- wasan alias takut," Pungkasnya.*