TOBASA-Bupati Kabupaten Tobasa Ir.Darwin Siagian serahkan hadiah Juara Lomba Karnaval Pesona Danau Toba yang kegiatannya di laksanakan pada tahun 2018 yang lalu. Penyerahan hadiah diberikan di acara Festival  Toba Caldera World Music Festifal 2019 di bukit Singgolom desa Lintong Ni Huta Kec.Tampahan Minggu, (16/6/2019).

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab Tobasa Drs. Audhi Murphi Sitorus dalam kesempatan tersebut membacakan para peserta juara lomba Mobil Hias dan Lomba Busana terbaik pada Lomba Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2017 dengan untuk 5 Terbaik.

Sebelumnya Kadis menyampaikan bahwa pada pelaksanaan kegiatan Karnaval Pesona Danau Toba diawali pelaksanaannya pada Tahun 2016 yang lalu yang dibuka dan diresmikan pelaksanaannya oleh Presiden RI Ir. Jokowidodo.

Peserta yang berhasil meraih juara terbaik pada Karnaval Pesona Danau Toba 2018 yang lalu pada kategori lomba Mobil Hias dan Lomba Busana Tradisional terbaik diambil dengan 5 juara ketegori terbaik.

Untuk kategori lomba mobil hias terbaik untuk Juara 5 berhasil diraih oleh Kec.Lumbanjulu dengan hadiah Rp 3 Juta, juara 4 Kecamatan Silaen dengan hadiah Rp 4 Juta, Juara 3 Kecamatan Ajibata dengan Hadiah Rp 6 Juta, Juara 2 Kec. Sigumpar dengan hadiah 8 Juta untuk Juara 1 berhasil di raih oleh Kecamatan Porsea dengan hadih sebesar Rp.10 Juta.

Sedangkan untuk pemenang lomba Parade Busana Tradisional terbaik juara terbaik 5 berhasil diraih oleh Kec, Siantar Narumonda dengan hadiah Rp 2 Juta, terbaik 4 Kecamatan Sigumpar dengan hadiah Rp 3 Juta, Terbaik 3 dari Ajibata dengan hadiah Rp 5 Juta, Terbaik 2 di raih oleh Sekretariat DaerahToba Samosir dengan hadiah Rp 6 Juta dan untuk terbaik 1 berhasil di raih oleh Kec.Balige dengan hadiah Rp 7 Juta.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Drs Audi Murphi usai penyerahan hadiah saat di konfirmasi Gosumut mengatakan, pada tahun 2017 Karnaval pesona Danau Toba di buka oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan bersama dengan Menteri Pariwisata dan Karnaval Pesona Danau Toba 2018 dibuka dan diresmikan oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Ditegaskan Kadis, untuk pelaksanaan kegiatan Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2019 akan di buka secara bersama sama oleh seluruh warga masyarakat Kabupaten Tobasa.

Dalam kesempatan tersebut Kadis juga menyampaikan bahwa, untuk pelaksanaan kegiatan 1000 tenda dengan acara "100 Tenda Caldera Toba  Festival" akan di adakan di desa Meat dengan peserta 1 tenda sebanyak minimal dihuni 4 orang dan maximal 8 orang yang kegiatannya di laksanakan mulai dari tanggal 28 s/d 30 Juni 2019 dengan pelaksana kegiatan Rumah Karya Indonesia yang di pimpin oleh Ojak Manalu dengan direktur kegiatannya 1000 Tenda Caldera Toba Festival Tumpak Hutabarat.*