PALAS-Dalam waktu sepekan harga buah kepala sawit secara bertahap terus mengalami penurunan dari sebelumnya Senin (10/6/2019) harga tampung pabrik Rp 1.130 per kilogram ,saat ini menjadi Rp 1.030 untuk buah besar dan buah Super Rp 1.040 per kilogram.

Sementara ditingkat Peron penampung buah produksi kelapa sawit dari masyarakat petani harga beli buah kelapa sawit  Rp 930 per kilogram sampai Sabtu (15/6/2019).

Pemilik Peron Sawit Makmur Jalan lintas Sibuhuan -Riau,  MhdYasser Hasibuan mengatakan, Minggu lalu harga tampung di Peron masih posisi harga Rp 1.020 per kilogram ,untuk pabrik 1.120 buah besar dan Super Rp 1.130.

Dikatakannya, selama sepekan harga buah sawit terus turun secara bertahap mulai Rp 20 -30 per kilogram sehingga penurunan harga secara global sudah Rp 90  per kilogram dari mulai Selasa (11/6/2019).

Ditempat terpisah sejumlah petani kelapa sawit di kecamatan Ulu Barumun ditemui Go Sumut , Sabtu (15/6/2019) mengatakan, harga jual buah kepala sawit tidak bertahan dalam sepekan saja sudah terjadi penurunan sebanyak empat kali sehingga harga jual masih dibawah harapan yang hanya kisaran Rp 930 per kilogram.

Petani kepala sawit di Kabupaten Padang Lawas(Palas) berharap kepada pemerintah untuk menstabilkan harga komoditi buah sawit dengan harga maksimal sehingga kesejahteraan petani tidak semakin terpuruk.

"Produksi hasil perkebunan buah kepala sawit menjadi andalan sumber pendapatan masyarakat di daerah ini ,jika harga terus turun.Bagaimana.nasib petani yang ditingkat pedesaan terus luput dari perhatian pemerintah untuk merubah kesejahteraan yang lebih baik,'beber Nasution, petani kepala sawit di Desa Paringgonan ,Kecamatan Ulu Barumun.*