SERGAI-Untuk memastikan Alokasi Dana Desa (ADD) dikelola dengan baik oleh pemerintah desa, Tim rombongan Komisi C DPRD Kabupaten Serdangbedagai turun ke desa Leberia Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) untuk melakukan pemantuan monitoring penggelolahan Dana Desa tahun 2018.

Dalam hal ini rombongan Komisi C juga sekaligus memberikan pembinaan serta evaluasi terhadap pengelolahan ADD tahun anggaran 2018 di setiap pemerintah Desa.

"Dana desa yang diberikan pemerintah cukup besar, sehingga perlu dilakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap pemerintahan desa dalam pengelolaannya untuk menjabarkan anggaran Anggaran Dana Desa, "ujar Ketua Tim Komisi C DPRD Sergai, Jordan Sigalingging dari Praksi Golkar kepada Wartawan, Jumat (14/6/2019) usai kunjungan.

Menurut Jordan, Pihaknya masih monitoring di dua Desa yakni pertama di Desa Seibuluh dan kali ini di Desa Leberia di Kecamatan Teluk Mengkudu. "Dan hari ini rombongan Komisi A DPRD sudah turun di Desa Suka Damai. "Dari pantuan di Desa Leberia tidak adanya temuan apapun dan bangunan juga tidak ditemukan rusak atau retak-retak,"ucap Jordan.

Sejumlah anggota Komisi C DPRD Sergai yang melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi pemgelolahan dana desa 2018 antara lain, H. Ngatiman dari Praksi PAN, Ari Ananda dari Praksi PPP, Harton Sihombing dari Praksi PDIP.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Sergai, Ari Ananda dari Praksi PPP juga menyampaikan bahwa kegiatan ini jangan di jadikan asumsi bahwa anggota DPRD sergai dalam kunjungan ini untuk mencari kesalahan di desa, tapi juga untuk membantu dalam pelaksanaan penggunaan anggaran dana desa,"tegas Anggota DPRD Sergai, Fraksi PPP, Ari Ananda.

Insfektorat Sergai, Drs. Zulpikar menyampaikan selaku insfektorat intinya dalam penggunaan dana desa tugasnya hanya melakukan pengawas dan memberikan pembinaan terhadap penggelolahan anggaran dana desa.

"Dari hasil pemeriksaan anggaran dana desa di desa Leberia ini sudah sesuai dan hasil pengawasan kami. Untuk desa Leberia dengan alokasi ADD, PBB dan PAD yang mendapatkan anggaran 900 juta yang sudah dikelolah dengan baik sampai 100% dilaksanakan, dalam pemeriksaan tidak ada temuan sesuai hasil yang kita terima,"papar Zulpikar.

Kades Leberia Iryansah Putra menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim anggota DPRD Sergai dari Komisi C Kabupaten Serdangbedagai(Sergai). "Dalam kesempatan ini selaku pemerintah Desa Leberia bahwa pada tahun 2018 angagran dana desa di Desa Leberia mendapatkan dana sekitar 900 juta. Pelaksanaan yang sudah dilaksanakan semuanya sesuai tupoksi yang sudah di peruntukan," ucap Iryansah Putra.

Hal juga disampaikan Sekcam Teluk Mengkudu Nasum Spd mengatakan pihaknya telah diberi tugas oleh kecamatan Teluk Mengkudu untuk melihat bagaimana pembangunan di desa Leberia.

"Hasil monitoring kami melihat secara kasat mata dalam pelaksanaan sudah berjalan dengan sebaik-baiknya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sudah memenuhi persyaratan dan sudah sesuai struktur dan panduan yang sudah diterapkan," ucapNasum.

Hasil pantuan Gosumut dilokasi, terlihat rombongan Komisi C DPRD Sergai juga melakukan monitoring proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah(TPT), tepatnya dusun I Desa Leberia dan dilanjutkan bantuan Bedah Rumah kepada warga kurang mampu. Dalam kegitaan ini turut hadir seluruh BPD, TPK, PPK desa leberia, dan Kanit Binmas Teluk Mengkudu dan Kanit Intel Teluk Mengkudu.**