PALAS-Calon Jemaah Haji (Calhaj) yang akan berangkat ketanah suci Mekkah asal Kabupaten Padang Lawas (Palas) sebanyak 421 orang  ditambah TPHD sebanyak 3 orang dengan total jemaah haji 424 orang.

  Diperkirakan 424 Calhaj yang  akan melaksanakan ibadah haji tahun 2019. Hal ini masuk dalam kelompok terbang (Kloter) ke IX ,gelombang kedua  Embarkasi Medan /Bandara Kuala Namu Airport Internasional (KNIA).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag )  Palas Drs.H Amran Hasibuan melalui Kasi Urusan Haji dan Umroh, H.Marasaib Harahap mengatakan,  dijadwalkan, para calon jamaah haji bertolak dari daerah , Jumat  (19/7/2019) dan  masuk Asrama Haji Medan, Sabtu (20/7/2019).

  Dikatakan, setelah menginap satu malam, calhaj akan diberangkatkan menuju Tanah Suci melalui  Bandara KNIA, Minggu(21/7/2019)  dilepas secara langsung oleh Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO).

Kata Marasaib, sebanyak 424 calhaj asal Kabupaten Palas  tersebut terdiri dari  jamaah reguler sebanyak 407  jamaah ditambah Lansia 3 orang ,Pendamping 6 orang dan cadangan sebanyak 5 orang serta TPHD sebanyak 3 orang.

Pada pelaksanaan ibadah haji 2019 ini ,katanya, ia melakukan koordinasi dengan Kabag Kesra dan Dinas Kesehatan karena untuk memastikan jumlah jamaah calhaj asal Kabupaten Palas yang akan berangkat tahun ini.

"Calhaj asal Kabupaten Palas akan  dilepas Bupati  H Ali Sutan Harahap (TSO) sehingga  diperlukan koordinasi dan penyesuaian waktu untuk pemberangkatan dari daerah," jelas Marasaib ,Kamis (13/6/2019) diruang kerjanya.

  Kasi Haji Palas  menambahkan, pihak Kemenag Kabupaten Palas  juga telah memberikan bimbingan melalui kegiatan manasik bagi seluruh jamaah Calhaj asal Kabupaten Palas.

Ditempat terpisah Kadis Kesehatan Palas Hj Leli Ramayulis mengatakan calhaj yang telah menjalani  pemeriksaan kesehatan di RSUD Sibuhuan  sebanyak 415 orang, masih terdapat sebanyak 9 orang lagi yang belum divaksin.*