Pemko Gunungsitoli Gelar Acara Halal Bi Halal

Pemko Gunungsitoli Gelar Acara Halal Bi Halal
Suasana acara Halal Bihalal Halal Pemko Gunungsitoli.
Rabu, 12 Juni 2019 13:05 WIB
Penulis: Faogomano Harefa
GUNUNGSITOLI - Pemerintah Kota (Pemko) Gunungsitoli melalui PHBI Kota Gunungsitoli menggelar acara Halal Bi Halal Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tahun 1440 H / 2019 bertempat di Rumah Dinas Walikota Gunungsitoli, Rabu (12/6/2019). Acara dihadiri Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, SE. M.Si, Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari Kemenko bidang Kemaritiman, Kosmas Harefa, juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli, Ketua MUI Kota Gunungsitoli, Kepala Pengadilan Negeri dan Kepala Pengadilan Agama Kota Gunungsitoli.

Ridwan Saleh Zega selaku ketua PHBI Kota Gunungsitoli dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019 M maka Pemerintah Kota Gunungsitoli memfasilitasi kegiatan Halal Bi Halal dan menjalin Silaturrahim bersama Forkopimda, Tokoh dan masyarakat Kota Gunungsitoli. Selain itu, momentum ini diharapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan yang dilandasi dengan ukhuwah Islamiyah, baik antar kaum muslimin dan muslimat pada khususnya serta antar sesama umat beragama pada umumnya.

Kegiatan ini juga merupakan perwujudan salah satu Visi dan Misi Pemerintah Kota Gunungsitoli yaitu memperkokoh sosial kemasyarakatan yang religius, berbudaya dan taat hukum. Dalam kesempatan ini pula, mewakili PHBI Kota Gunungsitoli beliau menghaturkan rasa terimakasih yang tinggi kepada Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli atas dukungannya pada setiap kegiatan yang digagas oleh PHBI Kota Gunungsitoli dari awal kegiatan, beserta segenap panitia yang telah bekerja keras dan pihak-pihak yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini hingga berakhir.

Disamping itu, mewakili Pimpinan DPRD Kota Gunungsitoli, Emmanuel Ziliwu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Gunungsitoli yang senantiasa mengadakan perayaan hal-hal bersifat religius seperti ini setiap tahunnya. Selain itu, beliau juga mengapresiasi kinerja yang telah dicapai Pemerintah hingga saat ini dalam perkembangan dan perubahan Kota Gunungsitoli menjadi Kota yang maju, nyaman dan berdaya saing. Terbukti dengan telah diraihnya opini WTP yang turut mengharumkan nama baik Kota Gunungsitoli, dengan harapan semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa yang akan datang.

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan bahwa tradisi Halal Bi Halal adalah momentum untuk menjalin dan menjaga silaturrahim, saling memberi maaf sekaligus memperbaharui dan mempererat persaudaraan di antara sesama, khususnya para tamu dan undangan yang hadir pada saat ini, dimana para hadirin merupakan representasi dari masyarakat Kota Gunungsitoli.

"Oleh karena itu, tentunya sangat penting bagi kita untuk memahami dan mengambil hikmah terkandung dalam kegiatan ini. Yang Pertama, pembersihan diri dari segala bentuk tindakan yang tidak terpuji, yang pada akhirnya kembali kepada jati diri yang suci, bersih dan penuh keikhlasan. Kedua, membersihkan hati dari rasa benci terhadap sesama, menyingkirkan penyakit-penyakit yang dapat mengotori hati, menghilangkan kedengkian sehingga terganti dengan kelapangan jiwa serta membuang permusuhan dan diisi dengan persaudaraan. Dan yang ketiga adalah memupuk kepedulian dan kebersamaan sebagai makhluk sosial yang dibangun melalui sikap saling tolong menolong satu sama lain" ujar Walikota.

Di akhir sambutannya Walikota mengajak para hadirin agar melalui momentum Halal bi Halal ini untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad, lebih saling memahami sesama, dan tolong menolong serta bekerja sama dalam upaya meningkatkan rasa kepedulian dan pelayanan terhadap sesama yang sepenuhnya dibangun dari hati dan perasaan yang tulus ikhlas, dalam upaya mendukung seluruh program dan kebijakan Pemerintah Kota Gunungsitoli agar penyelenggaraan pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan ini pula, mewakili keluarga Besar Pemerintah Kota Gunungsitoli, beliau menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019 M secara resmi kepada seluruh hadirin dan masyarakat Kota Gunungsitoli seraya berdoa semoga limpahan berkat dan curahan rahmat dari Allah SWT senantiasa menyertai Kota Gunungsitoli menuju Kota yang maju, nyaman dan berdaya saing.

Ads
Acara Halal Bi Halal berjalan khidmat sekaligus diisi dengan Ceramah Agama yang dibawakan Al-Ustadz Muhammad Fery Al-Banjari, M.Si dari Sumatera Barat.

Turut hadir, Asisten Sekda dan Staf Ahli Walikota, para Kepala Perangakat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli, Wakil Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli, Ketua Persit Candra Kirana Kodim 0213 Nias, Ketua DWP Kota Gunungsitoli, mewakili Kepala Kankemenag Kota Gunungsitoli, Camat dan Lurah se-Kota Gunungsitoli, para Pimpinan Ormas/OKP Islam se-Kota Gunungsitoli, para Pengurus BKM se-Kota Gunungsitoli beserta segenap undangan lainnya.***
www www