BAGANSIAPIAPI – Ritual Bakar Tongkang yang digelar 17 hingga 19 Juni 2019 memberi dampak yang luar biasa bagi perekonomian Rokan Hilir khususnya Bagansiapiapi Riau. Meski helat masih sepekan lagim namun seluruh hotel dan wisma sudah penuh.

Pusat kegiatan bakar tongkang akan digelar di Kelenteng Ing Hock King atau di sebut juga  Kelenteng Naga yang terletak di Jalan Aman, Bagansiapiap. Pembuatan minitur kapal (tongkang) sudah dikerjakan seorang  suhu (ahlinya) dan dibantu beberapa orang pekerja lainya.

hal ini di ungkapkan Budi (36)  tokoh pemuda keturunan Tionghua Selasa (11/6), ‘’

‘’Pembuatan tongkang hampir sebulan penuh,’’ ungkap Budi, tokoh pemuda keturunan yang berprofesi sebagai  guru kepada awak media.

Tak jauh dari kelenteng Ing Hock King atau Kelenteng Naga, sebuah bangunan megah yang diberinama IP Plaza juga sedang direnovasi oleh pemiliknya karena akan dijadikan pusat hiburan yang konon akan mendatangkan artis dari Taiwan dan Malaysia. ‘’IP Plaza milik Sugianto alias Toke Baut akan dipakai untuk acara hiburan,’’ ujar beberapa orang pekerja di sela-sela kesibukanya memasang peralatan saoundsistim.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rokan Hilir H Ali Asfar MSi menyebutkan ivent bakar tongkang merupakan kegiatan yang sudah menjadi agenda nasional dari Bagansiapiapi Rohil karena dari waktu ke waktu dikemas sedemikian rupa sehingga ketika upacara Bakar Tongkang dijadikan moment pulang kampung.

‘’Pemkab memfasilitasi,’’ sebut Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rohil dan menambahkan dengan kegiatan tersebut mampu menambah besarnya uang yang beredar di Rohil karena biasanya wisatawan manca negara dan domistik berbelanja termasuk memakai jasa beca dan sebagainya.

Selain itu, acara puncak Bakar Tongkang di kelenteng Ing Hock King juga akan mengundang tokoh-tokoh nasional dari Jakarta, Gubri dan Forkompinda dan undangan lainnya. (yan)