JAKARTA - Arus balik di Pelabuhan Merak mulai terlihat. Kepadatan kendaraan terpantau di luar pelabuhan mengarah ke gerbang Tol Merak. Kondisi arus lalu lintas di luar pelabuhan padat merayap imbas antrean di gerbang Tol Merak. Kepadatan didominasi mobil pribadi mengarah ke Jakarta.

Kepadatan juga imbas dari kedatangan pemudik dari Sumatera. Proses bongkar muat di Pelabuhan Merak tampak ramai.

"Saat ini merupakan masanya arus balik. Untuk penumpang pejalan kaki yang sudah balik mencapai 10 persen, roda dua 7 persen dan roda empat sudah sekitar 10 persen," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Solikin, Jumat (07/06/2019).

Pada arus balik, Pelabuhan Merak hanya menerima pemudik tujuan pulau Jawa dari Sumatera. Selain kendaraan, pemudik pejalan kaki juga terus memadati Pelabuhan Merak.

"Kita tetap siaga dan terus berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, seperti pihak BPTD selaku pemegang otoritas daripada jadwal kapal," ujarnya.

PT ASDP mengoperasikan 64 kapal untuk menghadapi arus balik di lintas Bakauheni-Merak. Kondisi kepadatan diperkirakan akan terus berlangsung hingga Minggu (9/6) besok.***