ASAHAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan laksanakan buka puasa bersama, Selasa (4/6/2016) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Kegiatan itu dilaksanakan sekaligus pelepasan mobil hias pawai takbiran yang mana pawai takbiran tersebut akan diberi penilaian dan akan diseleksi pemenangnya.

Di Acara yang berkah itu dihadiri Plt. Bupati Asahan, Forkopimda Kabupaten Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, OPD, Camat, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Tokoh Agama dan Masyarakat Asahan.

Saat buka bersama tersebut diawali dengan penyampaian tausiah oleh Ketua MUI Kabupaten Asahan H. Salman Abdullah Tanjung, MA. Dalam tausiahnya beliau mengajak hadirin untuk dapat memanfaatkan momentum Idul Fitri 1440 H dengan lebih meningkatkan tali silaturahmi kepada keluarga maupun sesama masyarakat.

Ia (Ketua MUI) juga menghimbau untuk memaknai Idul Fitri sebagai sarana untuk saling memaafkan.

“Mari kita jalani idul fitri dengan saling memaafkan untuk menyempurnakan ibadah puasa yang telah kita laksanakan selama Ramadhan agar kita kembali fitrah dan menjadi pribadi yang lebih baik," Ujara Ketua MUI Asahan H. Salman Abdullah Tanjung, MA.

Selanjutnya, Plt. Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Asahan.

Surya juga menghimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan agar dapat melaksanakan Sholat Idul Fitri di Mesjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Selain dari itu, Surya juga mengajak masyarakat agar dapat hadir pada acara open house di Rumah Dinas Bupati Asahan yang dilaksanakan setelah Pelaksanaan Sholat Iduk Fitri hingga sore hari.

Terakhir, orang nomor satu di Asahan itu berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menjalankan program-program yang telah di rencanakan untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan menuju masyarakat Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

Setelah Sholat Isya berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan pawai takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 2019 yang diikuti oleh 105 mobil hias dari OPD, Kecamatan, Kelurahan, Bank, PT, Perguruan Tinggi dan Masyarakat.

Di tempat lain malam yang sama, Sekretaris Daerah juga mengunjungi posko pelayanan mudik idul fitri yang berada di Simpang Katarina.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Asahan beserta rombongan menyerahkan bingkisan kepada petugas dengan harapan agar dapat melaksanakan tugas dengan memberikan kenyamanan dan ketertiban kepada masyarakat yang melintasi jalan raya dalam Idul Fitri 1440 H.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang pawai mobil hias menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H oleh Plt. Bupati Asahan, Forkopimda Kabupaten Asahan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan.*