Home >  Berita >  Peristiwa

Antisipasi Keamanan dan Keselamatan Penumpang H -2 Lebaran Polres Tapsel Gelar Test Urine

Antisipasi Keamanan dan Keselamatan Penumpang H -2 Lebaran Polres Tapsel Gelar Test Urine
Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib bersama Bupati Tapsel H Syahrul Pasaribu, kepala BNNK Tapasel AKBP Dra Siti Aminah Siregar saat menyaksikan proses pemeriksaan urine pengemudi di lokasi.
Rabu, 05 Juni 2019 20:15 WIB
Penulis: Roni Maas Siregar
TAPSEL-Memasuki H -2 hari raya Idul Fitri 1440 H, Senin (3/6/2019) sekira pukul 13.00 WIB, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar razia sekaligus tes urine, di depan Kantor Dinas Perhubungan Tapsel, Dusun Sirumbi, Desa Pal Sabolas, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Selain memeriksa kelengkapan dan surat-surat kendaraan bermotor, kegiatan yang bertujuan menjaga keamanan dan keselamatan penumpang, tes urin dilakukan terhadap pengemudi kendaraan bermotor,  baik pribadi maupun angkutan umum.

Sebanyak 61 orang personel gabungan yang terdiri diturunkan, terdiri dari Sat Resnarkoba 12, Sat Sabhara 5, Sat Intelkam 2, Sat Reskrim 5, Sat Lantas 5, Bag Humas 1, Sipropam 2,  BNNK Tapsel 5, TNI 2, Sub Denpom Padangsidimpuan 2, Dinas Perhubungan Kabupaten Tapsel 10 dan Sat Pol PP Tapsel 10. Dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba Polres Tapsel, AKP Zulfikar didampingi Kadis Perhubungan Tapasel dan Kasub Den Pom Padangsidimpuan, Kapten CPM K Habeahan.

Amatan gosumut, kegiatan tersebut  juga dihadiri oleh Bupati Tapsel  H Syahrul M Pasaribu, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, Dandim 0212/TS Letkol Infantri Akbar Nofrizal Yusananto, kepala BNNK Tapsel AKBP Dra Siti Aminah Siregar bersama dengan Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Sutoyo, Kasat Lantas AKP Muriyasnal, Kasat Sabhara AKP Eddy Sudrajat, Kasat Binmas AKP Herman Tanjung, Kasipropam IPTU Sucipto dan Kabag Humas IPTU Alpian Sitepu.
Ads

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Bupati Tapsel memberikan himbauan kepada para supir baik kenderaan umum maupun pribadi, agar tidak mempergunakan narkotika dan selalu menjaga keselamatan selama diperjalanan, serta hati-hati dalam mengemudikan kenderaan.

"Bila ada yg mengetahui pengemudi menggunakan narkoba agar segera melaporkannya kepada petugas,"jelas Syahrul.

Bupati juga mengingatkan bila pengemudi ugal-ugalan agar ditegur supaya mengutamakan keselamatan dan jangan mudah emosi, guna kenyamanan penumpang hingga selamat sampai tujuan.

Kapolres Tapsel menyampaikan, adapun dilaksanakanya tes urine kepada para pengemudi kenderaan dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam pelaksanaan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan dan menyambut perayaan Idul Fitri 1440 H  di wilayah hukum Polres Tapsel.

"Kita dari jajaran kepolisian bersama dengan rekan-rekan dari Pemkab Tapsel, BNNK dan juga TNI melakukan razia maupun tes urine ini bertujuan untuk mencegah penyalah gunaan narkotika khususnya terhadap pengemudi (sopir) kendaraan. Karena keselamatan para penumpang tergantung pada kondisi kesehatan pengemudinya, apalagi sopir angkutan umum. Dengan demikian, kita berharap agar selama lebaran ini tidak terjadi kecelakaan,"tutur Irwa.

Dalam razia dan tes urine dan dilakukan secara acak terhadap 20 pengemudi kendaraan umum, ditemukan dua orang supir kenderaan yang positif (+) mengkonsumsi narkotika. Selanjutnya, oleh Sat Resnarkoba Polres Tapanuli Selatan menyerahkan ke dua orang supir itu ke BNNK Tapsel untuk dilakukan rehab.*
www www