JAKARTA - Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Madang mengajukan diri sebagai calon Ketua Umum KONI Pusat periode 2019-2023 dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Pusat yang rencananya digelar di Jakarta, Juli mendatang Keputusan itu diambil Muddai Madang yang sudah punya konsep untuk membangun prestasi olahraga dan dukungan Ketua Umum KOI, Erick Thohir.

"Saya sudah punya program yang jelas untuk bisa membawa KONI Pusat ke arah yang lebih baik lagi dalam membangun prestasi olahraga nasional. Yang lebih penting lagi, saya juga sudah berkonsultasi dengan pak Erick Thohir soal pencalonan Ketua Umum KONI Pusat," kata Muddai Madang yang berada di Mekkah menjalani Umroh kepada wartawan melalui sambungan telepon internasional di Jakarta, Senin, 3 Juni 2019.

Program tersebut, kata Muddai, antara lain membangun koordinasi yang sangat erat antar kelembagaan KONI, KOI, dan Kemenpora. "Saya ingin hubungan ketiga lembaga lebih solid lagi. Semuanya harus terencana, berjalan dengan baik dan transparan," katanya.

Ya, cukup wajar memang Muddai sudah punya program apalagi dia pernah menjabat Ketua KONI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) selama dua periode. Makanya, dia sangat memahami kesulitan masalah dana pembinaan olahraga. Apalagi, KONI Pusat tempat bernaungnya induk-induk organisasi olahraga amatir (PB/PP) memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan prestasi olahraga Indonesia.

"Selain bantuan dana dari pemerintah melalui APBN, saya akan mencoba mencarikan dana KONI melalui sponsor dan melibatkan pihak-pihak swasta dan BUMN yang memiliki dana CSR (Corporate Social Responsibility. Terus terang, kebutuhan dana bagi peningkatan prestasi olahraga itu cukup besar apalagi pemerintah telah menetapkan prestasi pada ajang Asian Games dan Olimpiade menjadi prioritas," katanya.

"Pengelolaan dana juga akan dilakukan secara transparan dan accountable serta mendorong ke arah kemandirian. Dengan demikian, KONI dan KOI mendapat kepercayaan dan mempunyai alokasi dana khusus untuk menjalankan program organisasinya," tambah Muddai yang pernah menjabat sebagai CDM Kontingen Indonesia pada Asian Beach Games Phuket, Thailand 2014.

Alasan lain Muddai Madang maju dalam pecalonan Ketua Umum KONI Pusat periode 2019-2023 karena adanya permintaan dari beberapa PB/PP. Selain itu, dia berkeinginan melancarkan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Kita sama-sama mengetahui KONI Pusat saat ini dalam kondisi yang tidak menentu, untuk itu saya ingin mengembalikan fungsinya sesuai Undang Undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN). Perlu dicatat, kita perlu mempersiapkan secara dini atlet Indonesia agar kita memiliki atlet yang mampu lolos di kualifikasi Olimpiade. Makanya, kita harus melakukan perbaikan yang spesifik untuk pencapaian prestasi, administrasi serta aturan-aturan agar cabor-cobor lebih profesional dalam menjalankan program pembinaan dan pelatihan," kata Muddai Madang.

Berbicara soal sepak terjang di dunia olahraga, Muddai Madang tak perlu diragukan. Dia menjadi Ketua panitia lokal Asian Games Jakarta-Palembang 2018 untuk Sumatra Selatan, dan Islamic Solidarity Games (ISC) Palembang 2013. Ia pun pernah menjadi Wakil Ketua Umum II di PB Percasi periode 2004-2008, Chief de Mission Olimpiade Catur 2006 di Torino, Italia, serta manajer Tim Catur Asian Games 2006 Doha.

Seperti diketahui pembukaan pendaftaran pencalonan KONI Pusat periode 2019-2023 ini akan digelar hingga tanggal 19 Juni mendatang dan baru akan diketuk dalam amar putusan pada 2 Juli. Sebelumnya, Tim Penjaringan telah menetapkan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KONI Pusat periode 2019-2023 harus mendapak dukungan 10 KONI Provinsi dan 20 cabang olahraga (PB/PP). ***