TOBASA-Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean Kec.Porsea saat ini semakin ramai dikunjungi oleh para penikmat Pariwisata yang sengaja datang dari berbagai luar daerah Kabupaten Toba Samosir.

Hal ini sesuai dengan pantauan Gosumut di lokasi wisata Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean Senin, (3/6/2019). Ramainya para pegunjung lokasi wisata Pantai Pasir Putih pasca dengan dimulainya liburan kerja dan libur sekolah sejak (1/6 - 10/6/2019) yaitu saat libur hari raya Idul Fitri 1440 H.

Dengan liburan yang lumayan panjang ini, membuat lokasi wisata ini semakin hari semakin ramai dipadati oleh para pengunjung yang sengaja datang dari dalam dan luar daerah Toba Samosir.

Lokasi wisata Pasir Putih Danau Toba Parparean mendapat kehormatan atas kunjungan salah seorang mantan Pejabat Wali Kota Madya P.Siantar R,E Siahaan bersama rombongannya.

Dengan tidak diduga duga, saat Wabup melakukan kunjungan dan Monitoringnya di pasca liburan lebaran ini ke Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean Kec.Porsea mantan Wali Kota Madya P.Siantar R.E Siahaan ternyata telah tiba di lokasi wisata.

Mengetahui Wabup Tobasa ada di lokasi Wisata, spontan sang mantan Wali Kota ini langsung menemui wabub dan bersalaman serta bercengkerama mengingat masa masa lalu waktu masih sekolah dulu dan waktu masih aktif menjadi Wali Kota P. Siantar. Diakui R,E Siahaan, Wabub Tobasa Ir.Hulman Sitorus adalah teman satu kuliahnya dan beliau adalah Seniorannya.

Di lokasi R.E Siahaan memuji keindahan Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean berikut berbagai pembangunan fasilitas fisik pariwisata oleh Pemkab Tobasa sebagai sarana dan fasilitas pendukung lokasi wisata.

"Lokasi wisata ini memang benar benar bagus dan mantap," ungkap R.E sembari mengacungkan jempolnya, tinggal pembenahan dan penataan secara bertahap untuk membuatnya semakin lebih Bagus dan menarik.

"Dengan program pembangunan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata tentunya akan semakin meningkatkan pesona dan daya tarik lokasi wisata Pantai Pasir Putih ini," puji R.E Siahaan kepada Wabup yang di dampingi Camat Porsea Robert Manurung, Kaban BPBD Herbert Pasaribu dan Kadis Sosial Dr.Rajaipan Sinurat.

"Saya telah banyak mendengar kabar bahwa lokasi wisata  pantai Pasir Putih Parparean sangat indah dan cantik. Mengetahui dan mendengar kabar tersebut memacu niat dan hasrat saya untuk datang ke lokasi wisata Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean. Saya datang bersama rombongan," akunya.

Disampaikannya, hendaknya jalan yang berlobang saat ini supaya segera di perbaiki. Dengan kondisi jalan saat ini Pemkab Tobasa melalui Dinas terkait bisa melakukan penambahan luas ruas jalannya.supaya mobil yang akan lalu lalang untuk keluar dan masuk bisa bebas dan para pejalan kaki aman.

"Untuk lokasi parkiran kendaraan roda 2 dan 4 bisalah ditata dan ditempatkan letaknya pada posisi yang lebih tepat dan nyaman di sekitaran lokasi wisata," harapnya.

Kadis Pariwisata Drs Audhi Murphi Sitorus menjelaskan, rusaknya jalan menuju lokasi wisata Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean ditengarai karena masih banyaknya aktivitas mobil mobil truk pengangkut bahan baku pembangunan kapal di lokasi Galangan Pembangunan Kapal pantai Pasir Putih.

Truk truk tersebut melintas dengan membawa muatan puluhan ton berupa bahan baku pembangunan kapal dari 5 kapal yang direncanakan oleh KEMENHUB RI. "Saat ini baru 1 yang sudah selesai dibangun dan sudah beroperasi yaitu Kapal RORO IHAN BATAK. Sekarang 1 unit masih dalam tahapan pembangunan fisiknya dan sudah hampir setengah jadi," terang Murphy.

Menyikapi rusaknya jalan menuju lokasi wisata Kadis PUPR Kab.Tobasa Ir.Darlin Sagala menyampaikan, untuk pembangunan jalan menuju lokasi wisata Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean yang saat ini dalam keadaan rusak dan berlobang lobang telah ditampung dana pembangunannya pada TA-2019 ini.

"Untuk pengerjaannya tinggal menunggu tahapan pelelangan, yang nantinya titik awal pengerjaannya akan dilaksanakan pada tahun ini juga sepanjang +_ 800 Meter yang pelaksanaannya akan dimulai dari Simpang RSU Porsea," terang Darlin kepada Gosumut via seluler.*