MEDAN-Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meninjau stasiun kereta api dan Pos Pengamanan (Pospam).

Pada peninjauan yang dilakukan menjelang Lebaran 1440 Hijriah tersebut, Wali Kota Medan didampingi Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi dan Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismasyah, Sabtu, (1/6/2019).

Selain ingin melihat kesiapan seluruh personel untuk melayani masyarakat, terutama memberikan rasa aman bagi warga yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, peninjauan juga dilakukan dalam rangka memberikan suport dan motivasi sehingga para petugas senantiasa penuh semangat dan bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan.

Ada empat titik Pospam Ketupat Toba 2019 yang dikunjungi Wali Kota Medan beserta rombongan dalam peninajauan yang dilakukan usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Benteng Medan tersebut.

Selain Pospam di Jalan Kereta Api (seputaran Lapangan Merdeka) persisnya depan Stasiun Besar Kereta Api, juga Pospam di Jalan Gatot Subroto depan Medan Fair Plaza, Jalan MT Haryono depan Medan Mall dan Jalan Thamrin depan Thamrin Plaza.

Sebelum peninjauan dilakukan, Wali Kota beserta Kapolrestabes dan Dandim 0201/BS beserta rombongan lebih dulu berkumpul di Kodim 0201/BS.

Setelah itu bergerak menuju Pospam depan Stasiun Besar Kereta Api.

Peninjauan ini juga diikuti Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Ir Wiriya Alrahman MM, Asisten Umum Renward Parapat, Asisten Pemerintahan Musaddad Nasution serta sejumlah pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan.

Di Pospam depan Stasiun Besar Kereta Api, Wali Kota beserta rombongan menyapa satu persatu petugas yang terdiri dari unsur Polrestabes Medan, Kodim 0201/BS, satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, kecamatan, kelurahan serta pramuka.

Usai menanyakan kondisi keamanan dan mengeceka kesiapan sleuruh personel, Wali Kota Medan menyerahkan bingkisan lebaran serta uang tali asih kepada salah seorang petugas disaksikan Kapolrestabes Medan dan Dandim 0201/BS.

Setelah itu Wali Kota Medan beserta rombongan dengan berjalan kaki meninjau arus mudik di Stasiun Kereta Api Besar.

Orang nomor satu di Pemko Medan tersebut selanjutnya menyapa sejumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api untuk mudik.

Selain menanyakan kodisi para penumpang, Wali Kota Medan juga berpesan agar senantiasa berhati-hati agar sampai tujuan dengan selamat sehingga dapat merayakan lebaran bersama anggota keluarga.

Kemudian Wali Kota Medan menemui petugas PJKA dan menanyakan kesiapan mereka untuk melayani warga yang hendak mudik hingga arus balik nanti.

Setelah menerima laporan seluruh jajaran PJKA siap untuk melayani masyarakat, termasuk kereta api yang dioperasikan, Wali Kota Medan beserta rombongan kemudian meninggalkan Stasiun Kereta Api Besar dan melanjutkan peninjauan ke Pospam Ketupat Toba 2019 di depan Medan Fair Plaza.

Di tempat tersebut seluruh petugas gabungan mengaku siap untuk memberikan pelayanan dan sejauh ini mereka mengaku kondisi keamanan seputaran Pospam aman dan terkendali.

Wali Kota Medan kembali menyerahkan bingkisan lebaran dan uang tali asih dengan harapan seluruh personel yang bertugas tetap bersemangat dalam bertugas guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Di Pospam depan Medan Mall dan Thamrin Plaza yang ditinjau berikutnya, Wali Kota Medan beserta rombongan juga mendapati seluruh personel yang bertugas tampak siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Berdasarkan hasil peninjauan yang kita lakukan dari 4 titik Pospam Ketupat Toba 2019, alhamdulillah, seluruh petugas telah menyatakan kesiapan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan, terutama rasa aman. Dengan kesiapan sleuruh petugas, kita harapkan masyarakat dapat merasa tenang dan nyaman saat merayakan lebaran,” kata Wali Kota Medan.

Begitu pun kata Wali Kota Medan mengingatkan, kesiapan petugas juga harus didukung penuh warga.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan dengan tidak mengenakan perhisan mencolok di tempat-tempat umum, termasuk pusat perbelanjaan agar tidak mengundang orang lain melakukan tindak kejahatan. “Jadi hindarilah mengenakan perhiasan mencolok saat berpergian. Mari kita minimalisir sekecil mungkin terjadinya tindak pidana,” harapnya.

Selanjutnya guna memberikan ketenagan bagi masyarakat yang merayakan lebaran di kampung halaman, Wali Kota telah menginstruksikan kepada camat, lurah dan kepala lingkungan untuk mengawasi rumah warga yang kosong di wilayahnya masing-masing. “Apabila ada hal-hal mencurigakan, segera laporkan kepada aparat keamanan,” pungkasnya.