SERGAI-Pada H- 3 dan H- 2 hari Idul Fitri 1440 Hijriah untuk para pemudik sudah mulai lancar dan Aman melintasi jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Kabupaten Serdangbedagai, Provinsi Sumatera Utara. Tampak kendaraan pemudik melintasi di Jalinsum Medan- Tebingtinggi maupun sebaliknya.

Pantauan Gosumut sejak Jumat (31/5/2019) hingga hari ini, Sabtu (1/6/2019), kendaraan pemudik yang ditandai dengan nomor polisi luar Sumatera sebagian menggunakan bagasi dibagian atap kendaraan mulai melintasi di jalinsum Sergai.

Kendaran para pemudik yang menuju arah Medan banyak terlihat berplat nomor polisi Pekan Baru maupun luar jawa. Bahkan persinggahan seperti pembelanjaan Indomaret maupun Alfamidi dilintasan Jalinsum khususnya untuk wilayah hukum juga terlihat banyak disinggahi para pemudik.

Seperti pembelanjaan Alfamidi Firdaus yang berlokasi berdekatan dengan SPBU Firdaus, Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah yang tampak mulai ramai. Bahkan halaman seperti SPBU dan Alfimidi juga terlihat dipenuhi kendaraan baik Bus, truk dan mobil pribadi juga di singgahi para pemudik untuk mengisi bahan bakar dan para pemudik ini juga memanfaatkan rest area yang ada di SPBU untuk beristirahat.

"Kita prediksi pada H- 3 dan H-2 puncak arus mudik mulai ramai. Namun kali ini dijalinsum masih terlihat lancar. Dan sebagai sudah terlihat para pemudik melintasi di Jalinsum baik luar daerah maupun luar Jawa melintasi di Kabupaten Serdangbedagai,"kata Kapolres Sergai, AKBP. H. Juliarman Eka Putra Pasaribu melalui Kasat Lantas, AKP. M. Haris. Sabtu (1/6/2019).

Ia mengimbau kepada para pemudik agar tetap tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan. "Jika kelelahan, maka sebaiknya beristirahat. Pihaknya juga menyediakan Pos Pelayanan (Pos Yan) dan Pos Pengamanan( Pos Pam) yang ada di Kabupaten Serdangbedagai. Sehingga pemudik bisa beristirahat ditempat yang sudah kita sediakan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada pengemudi Truk bersumbu besar atau melebihi muatan diharapkan jangan melintasi dilokasi jalinsum, karena sangat menganggu aktivitas para pemudik maupun pengguna jalan karena bisa menimbulkan kemacetan.

"Saya berharap untuk para pemudik jangan memaksakan diri dan terburu-buru dalam menjalankan kendaran. Gunakan keselamatan tertib berlaku lintas,"Pungkas AKP. M. Haris.*